Rahmawati,Rina (2014) Green Marketing Mix Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada Perusahaan Pengembang Real Estate di Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan tentang implementasi strategi green marketing mix yang dilandasi oleh suatu environmental orientation dalam peningkatan competitive advantage perusahaan pengembang real estate di Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada perusahaan developer realestat di beberapa kota Provinsi Jawa Timur yang merupakan anggota terdaftar Realestat Indonesia (REI) Jatim, dengan lokasi penelitian tersebar antara lain di kota Surabaya, Mojokerto, Pandaan, Malang, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Kediri, Jember, dan Bojonegoro. Responden penelitian adalah Pemilik/General Manager/Manajer Operasional dari perusahaan pengembang real estate di Jawa Timur yang terkategori single-family homes. Menggunakan teknik sampel jenuh (saturated sampling), diperoleh 72 perusahaan pengembang dengan lingkup proyek operasional minimal seluas 20 hektar. Temuan penting dari penelitian ini adalah environmental orientation memiliki pengaruh yang nyata bagi peningkatan keunggulan kompetitif perusahaan pengembang real estate di Indonesia bilamana diperkuat oleh peran mediator yang luar biasa dari implementasi green marketing mix strategy. Dengan demikian para pengembang real estate khususnya kategori single-family residential di Indonesia harus memiliki dasar orientasi lingkungan yang kuat dan mewujudkannya pada implementasi strategi green marketing mix secara tepat dan menyeluruh sehingga mampu meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Hasil penelitian ini memberikan implikasi teoritis bahwa teori RBV khususnya natural resources-based view mendukung penuh sumber daya tak berwujud (intangible resources) dari perusahaan pengembang yang terintegrasi dalam orientasi lingkungan perusahaan. Implikasi praktis hasil kajian ini dapat memberi input bagi para developer bahwa perusahaan tidak hanya harus mencoba untuk menerapkan praktek-praktek lingkungan dan berharap bahwa hasil mereka sudah optimal. Perusahaan pun harus dapat mengembangkan inisiatif lingkungan yang clean berkaitan dengan sumber daya dan kemampuan mereka, dan kemudian mewujudkannya ke dalam implementasi strategi bauran pemasaran ramah lingkungan yang nyata.
English Abstract
This study aims to examine and explain implementation of environmental orientation-based green marketing mix strategy, in order to increase competitive advantage of real estate developers in East Java, Indonesia. study was conducted on a number of Real Estate Indonesia (REI) registered real estate developers in several major cities in East Java such as Surabaya, Mojokerto, Pandaan, Malang, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, Kediri, Jember, and Bojonegoro. Respondents of this study were key persons in real estate business specialized in single-family residential development, i.e. owners, General Managers and Operational Managers. Data were collected from 72 real estate developers with a minimum of 20-hectare operational/project coverage, which was derived from saturated sampling technique. findings reveal that extraordinary reinforcement of green marketing mix strategy to environmental orientation favorably influences competitive advantage of real estate developers. A strong environmental orientation towards green marketing mix strategy can help creating differentiated value and competitive advantage in order to address competition related challenges in real estate industry, specifically for single-family residentials. results indicate that a oretical implication of RBV ory, especially natural resources-based view, has fully supported intangible resources of real estate developers as integrated in company`s environment orientation. From practical perspectives, results of this study are also relevant for developers whereby implementation of modest environmental practices may not be adequate in accomplishing an utmost competitive advantage. When implementing environmentally-friendly marketing mix strategy, real estate developers should endeavor to develop a clean environmental initiatives by utilising ir available resources and capabilities.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.802/RAH/r/2014/061501311 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Apr 2015 11:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2015 11:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159856 |
Actions (login required)
View Item |