Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan IM3 melalui Motivasi Konsumen di Kota Malang

Permanasari, KartikaIndah (2012) Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan IM3 melalui Motivasi Konsumen di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam persaingan yang ketat perusahaan saat ini berusaha semaksimal mungkin untuk menjaring dan mempertahankan konsumen. Pada saat pengambilan keputusan, konsumen harus dapat menerjemahkan informasi yang relevan di lingkungan sekitar terutama dari penjual. Hal ini erat kaitannya dengan strategi perusahaan dalam melayani konsumen baik dari segi jasmani maupun rohani. setiap perusahaan harus memiliki strategi komunikasi pemasaran yang merupakan kombinasi khusus antara iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung IM3 merupakan kartu GSM yang digemari kaum muda saat ini,sinyal yang lemah membuat kaum muda tetap loyal menggunakan Im3 karena fasilitas produk yang menarik dari harga hemat dan banyak bonus lainnya. Dengan strategi komunikasi pemasaran tersebut, Indosat berharap dapat menghadapi persaingan dengan perusahaan telekomunikasi lainnya yang dewasa ini semakin menjamur dan berharap juga para pelanggan akan menjadi loyal dalam menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran sebagai variabel bebas, motivasi sebagai variabel intervening dan keputusan konsumen sebagai variabel terikatAnalisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dan analisis Path.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna IM3 dan sampel yang digunakan adalah 100 responden. Hasil studi dalam penelitian ini secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap motivasi dan keputusan pembelian IM3. Kesimpulan tersebut dapat dinyatakan lebih rinci sebagai berikut Hasil menunjukan berarti semakin baik komunikasi pemasaran yang dirasakan konsumen semakin tinggi motivasi konsumen dalam keputusan pembelian kartu seluler IM3. Guna meningkatkan motivasi konsumen maka perusahaan harus meningkatkan promosi penjualan berupa tariff yang terjangkau. Motivasi berpangaruh terhadap keputusan konsumen. Hasil ini menujukan ini berarti semakin tinggi motivasi yang dirasakan konsumen terbukti dapat meningkatkan keputusan konsumen dalam pembelian kartu seluler IM3. Guna meningkatkan keputusan konsumen maka perlu adanya peningkatan motivasi konsumen. Komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen maka perusahaan harus meningkatkan periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan penjualan personal produk. Terutama pada tarif harga seluler yang mudah dijangkau oleh konsumen Penerapan komunikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan akan berdampak positif pada keputusan pembelian konsumen melalui motivasi konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian bahwa komunikasi Pemasaran berpengaruh terhadap keputusan konsumen melalui motivasi konsumen. Ini berarti semakin tinggi motivasi konsumen berdasarkan komunikasi pemasaran yang di terapkan perusahaan maka akan semakin meningkat pula keputusan pembelian konsumen.

English Abstract

In a tight competition, firms try hard to obtain and retain ir consumers. During decision making, consumer should be able to translate relevant information from its surrounding environment, particularly from seller. This is closely relevant with firm strategy in serving its consumer both for physical and psychological sides. Each firm should have marketing communication strategy that is a particular integration of advertising, personal selling, sales promotion, public relation, and direct marketing efforts. IM3 as a GSM SIM Card that is popular among youth. Weak signal of this card does not matter for consumer to stay loyal on product since product facilities are attractive as well as its low price and o r various bonuses. By using marketing communication strategy, Indosat expects that this firm will be able to face competition with o r telecommunication services which get booming recently; also, Indosat expects its customers to be loyal as users of product or service offered by telecommunication firm. variables utilized in this research are marketing communication as its independent variable, motivation as its intervening variable, and consumer decision as its dependent variable. analysis technique of this research is descriptive analysis using Path analysis. research population is IM3 users; while research samples are 100 respondents. From research result, it concludes that marketing communication influences motivation and buying decision on M3 product. This conclusion can be stated in detail as follow: result demonstrates that better marketing communication is, as perceived by consumers, higher consumer`s motivation in buying decision for IM3 product. To enhance consumer motivation, firm should elevate its sales promotion such as affordable tariff. Motivation affects consumer decision. This result shows that higher motivation felt by consumer, it is proven to be able to enhance consumer decision in buying IM3 card product. To improve consumer decision, it needs to improve consumer motivation. Marketing communication influences consumer decision. To elevate consumer decision, firm should enhance its advertising, sales promotion, direct marketing, and personal selling ot product. Mainly for affordable tariff for consumer. implementation of marketing communication applied by firm will bring positive effect toward consumer decision through consumer motivation. It means that higher consumer motivation is based on marketing communication efforts implemented by firm, higher consumer buying decision is.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.802/PER/p/041202506
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 09 Oct 2012 12:23
Last Modified: 09 Oct 2012 12:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159855
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item