Komunikasi “Social Marketing” Dalam Proses Difusi Inovasi Revitalisasi Banjar Masyarakat Lombok (Studi Kasus Banjar Temolan, Dusun Gerumpung, Desa Sepit, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur)

Meita, FantyPratiwi (2013) Komunikasi “Social Marketing” Dalam Proses Difusi Inovasi Revitalisasi Banjar Masyarakat Lombok (Studi Kasus Banjar Temolan, Dusun Gerumpung, Desa Sepit, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana komunikasi social marketing dalam difusi inovasi revitalisasi Banjar Temolan, dan yang kedua bagaimana adopsi inovasi dalam revitalisasi Banjar Temolan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi social marketing membentuk difusi inovasi dalam revitalisasi Banjar Temolan, dengan fokus penelitian terhadap a) Alasan diadakannya revitalisasi Banjar Temoalan, b) mendeskripsikan lingkungan social marketing dan proses pemilihan target adopter dalam revitalisasi Banjar Temolan, c) Mendeskripsikan perencanaan sasaran serta strategi social marketing yang digunakan dalam revitalisasi Banjar Temolan. Serta mengetahui dan menganalisis adopsi difusi inovasi dalam revitalisasi Banjar Temolan, dengan fokus penelitian terhadap, a) Menganalisis serta mendeskripsikan proses keputusan inovasi dalam revitalisasi Banjar Temolan, b) Menganalisis serta mendeskripsikan kategori adopters dalam difusi inovasi revitalisasi Banjar Temolan, c) Menganalisis dan mendeskripsikan konsekuensi difusi inovasi revitalisasi Banjar Temolan. Dalam penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik dikarenakan penelitian kualitatif naturalistik tidak memanipulasi “ajang” (setting) penelitian. Penelitian berlokasi di Banjar Temolan, Dusun Gerumpung, Desa Sepit, Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok timur. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data dalam penelitian dikelompokkan menjadi dua yaitu, data primer dan data sekunder. Purposive sampling merupakan teknik pemilihan informan yang digunakan karena bertujuan untuk mendapatkan saksi kunci yang diinginkan. Adapun dalam pengelolaan teknik analisis data terdiri dari, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi sebagai teknik keabsahan datanya. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian Komunikasi ”Social Marketing” Dalam Proses Difusi Inovasi Revitalisasi Banjar Masyarakat Lombok yaitu alasan diadakannya revitalisasi ini dikarenakan Banjar Temolan sebelum direvitalisasi hanya bersifat konsumtif. Sehingga perlu dilakukannya revitalisasi yang bertujuan agar banjar mampu berkembang serta membantu peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebih baik lagi. Adapun konsekuensi yang ditimbulkan dari adopsi difusi revitalisai Banjar Temolan ini adalah Undirect consequences dengan memperoleh keseimbangan yang tergolong dalam kategori keseimbangan dinamis.

English Abstract

This research is conducted to fulfill researcher`s willingness in finding out “social marketing`s “communication adoption of revitalization innovation diffusion in Banjar Temolan dusun Gerumpung. Banjar`s revitalisation is an attempt to make Banjar as local culture institution that will bring benefits for many aspects not only for wedding ceremony or fatality. research question about how is communication of social marketing in Banjar Temolan`s revitalization innovation diffusion? second, how is adoption of Banjar Temolan`s revitalization innovation diffusion? purpose of study is to know and to analyze communication of social marketing establishes Banjar Temolan`s revitalization innovation diffusion which focuses on a) reason of establishing Banjar Temolan`s revitalization innovation diffusion, b) describing social marketing`s environment and process of selecting target adopter in revitalizing Banjar Temolan, c) describing planning target and strategy social marketing used in revitalizing Banjar Temolan and also to know and to analyze innovation of diffusion adoption and revitalization of Banjar Temolan. This research focuses on, a) analyzing and describing innovation decision process in revitalizing Banjar Temolan b) Analyzing and describing adopter`s category of establishes Banjar Temolan`s revitalization innovation, c) analyzing and describing consequences of Banjar Temolan`s revitalization innovation In this research, researcher used naturalistic quantitative research method because this method will not manipulate “event” (setting) of research. research is held in Banjar Temolan, Dusun Gerumpung, Desa Sepit, Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok timur. Data collection used interview, observation and documentation. types of data in this research are grouped into two which are primer data and secondary. Purposive sampling is a technique to select information that used to get proper key witness. Moreover, techniques of data analysis consist of data reduction, data presentation, conclusion and triangulation as technical validity of data. conclusion of communication of “social marketing” of Banjar revitalization innovation diffusion process in Lombok is reason of establishing this revitalization, because this area is only consumptive. So, it needs to be revitalized in order to develop area and also society could have better lives. However, consequences of adoption of this Banjar Temolan`s revitalization innovation diffusion are Undirect consequences that obtain balance of belonging to category of dynamic equilibrium.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.802/MEI/k/041311863
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 May 2014 09:55
Last Modified: 16 May 2014 09:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159854
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item