Puspitasari, AyuFebri (2014) Pengaruh Marketing Mix dan Bandwagon Effect terhadap Brand Equity dan Voting Intention. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kegiatan marketing merupakan suatu keharusan untuk keberlanjutan dan eksistensi organisasi agar tetap survive dan di terima oleh masyarakat. Mengikuti perkembangan zaman, marketing tidak hanya digunakan oleh perusahaan yang mengejar laba, namun sudah banyak digunakan oleh institusi nirlaba seperti LSM, lembaga pendidikan, museum, rumah sakit, tak terkecuali adalah dunia politik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Lokasi Penelitian ini adalah Provinsi Jawa Timur. Penentuan lokasi ini didasarkan atas pertimbangan bahwa Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak kedua dan merupakan salah satu barometer pemilihan di Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh penduduk di Jawa Timur yang mempunyai hak pilih (yang berumur 17 tahun ke atas atau sudah menikah) dan sudah masuk kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. Berdasarkan ketetapan KPU, jumlah pemilih tetap di Provinsi Jawa Timur sebesar 30.545.935 orang Ukuran sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah minimal 124 orang. Penelitian ini dibagi dalam 16 klaster, dimana masing-masing klaster diambil 8 orang, sehingga sampel di bulatkan menjadi 128 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multistage Random Sampling (MRS). Hasil penelitian ini adalah 1) Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Brand Equity kandidat, 2)Bandwagon Effect berpengaruh signifikan terhadap Brand Equity kandidat, 3) Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Voting Intention kandidat, 4) Bandwagon Effect Berpengaruh Tidak Signifikan terhadap Voting Intention, 5) Brand Equity Berpengaruh Signifikan terhadap Voting Intention.
English Abstract
Marketing activities required to sustainability and existence of organization in order to survive and remain accepted by society. With times, marketing is not only used by profite companies, but has been widely used by non-profit institutions such as NGO, educational institutions, museums, hospitals, and politics is no exception. This research used explanatory methode. location of this research is East Java which based on consideration that it is second most residents province. Beside that East Java is barometer of Indonesia elections. population of this study were all residents in East Java that has suffrage to vote (aged 17 years and older or married) and have entered into voters list (DPT) in election of President and Vice President in 2014. Based on provisions of Commission, number of voters remain in East Java by 30,545,935 people. sample size of this study using Slovin formula, in order to obtain a minimum number of 124 people. research was divided into 16 clusters, where each cluster is taken 8 people, so that sample rounded to 128 people. Fur rmore, sampling technique used in this study are Multistage Random Sampling (MRS). results of this study were 1) Marketing Mix had significant effect on Brand Equity candidate, 2) Bandwagon Effect had significant effect on Brand Equity candidates, 3) Marketing Mix had no significant effect on Voting Intention candidates, 4) Bandwagon Effect had no significant effect on Voting Intention, 5) Brand Equity had significant effect on Voting Intention.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.8/PUS/p/041502234 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 09:31 |
Last Modified: | 07 Apr 2015 09:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159840 |
Actions (login required)
View Item |