Priyanto, SoegengHery (2012) Peran Bauran Pemasaran dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Memilih Laboratorium Rumah Sakit AL Huda Genteng Banyuwangi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Selama tiga tahun berturut turut (2009 – 2011) kunjungan pasien luar (non rawat jalan dan non rawat inap RS Al Huda) menurun setelah ada beberapa laboratorium klinik pesaing di wilayah kecamatan Genteng. Menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran dan kelompok acuan/referensi yang mempengaruhi pasien untuk melakukan pemeriksaan penunjang di laboratorium Al Huda secara simultan dan atau parsial. Mengidentifikasi permasalahan yang terdapat dalam marketing mix di Laboratorium Rumah Sakit Al Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian Deskriptif Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study . Sebanyak 80 pasien menjadi responden dalam penelitian ini, mereka mengisi kuisioner yang telah disediakan. Kemudian dilakukan analisa statistik dengan menggunakan analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel bauran pemasaran dan kelompok acuan berpengaruh terhadap variabel keputusan memilih (F hitung sebesar 0,000 0,05). Secara parsial hanya variabel harga,(t hitung sebesar 0,048) dan karyawan (t hitung 0,013) yang berpengaruh terhadap keputusan memilih laboratorium Al Huda sebagai tempat pemeriksaan, sedangkan variabel lainnya tidak.
English Abstract
Over past three consecutive years (2009 - 2011) outpatient visits (non-ambulatory and non-inpatient Al Huda Hospital) decreased after a few clinical laboratories exist in sub-district of Genteng. This research to analyze marketing mix factors and reference/reference that affect patients to conduct examinations in Al Huda laboratory simultaneously and or partially. Identify problems contained in marketing mix at Al Huda Hospital ‟ s Laboratory. This oncoming research uses a quantitative approach. Analytic Descriptive study design with Cross Sectional Study approach. A total of 80 patients were respondents in this study, y fill out a questionnaire that has been provided. n statistical analysis was performed using multiple linear regression analysis. Results showed that simultaneously (toge r) marketing mix variables and reference group have influence on selecting decision variables (F count of 0.000 0.05). Partially, price variable (t count of 0.048) and employees (t count 0.013) are ones that influence decision of selecting Al Huda laboratory as examination place, while o r variables did not.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.8/PRI/p/041204299 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 07 Feb 2013 15:11 |
Last Modified: | 07 Feb 2013 15:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159839 |
Actions (login required)
View Item |