Analisis Pengaruh Lingkungan Industri terhadap Strategi Pemasaran dan Dampaknya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Kecil Kerajinan Kulit Tanggulangin)

Nurseto, Sendhang (2010) Analisis Pengaruh Lingkungan Industri terhadap Strategi Pemasaran dan Dampaknya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Kecil Kerajinan Kulit Tanggulangin). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan usaha kecil di Indonesia yang memegang peranan sangat penting dalam memajukan sendi-sendi perekonomian di Indonesia. Hal ini dapat dilihat pada waktu krisis ekonomi yang melanda Asia khususnya Indonesia. Banyak perusahaan besar yang gulung tikar karena tidak mampu lagi menanggung kerugian aktivitas usahanya tetapi di lain pihak, usaha kecil tetap mampu menjalankan aktivitas usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor lingkungan industri yang meliputi Hambatan Masuk Pendatang Baru (X1), Kekuatan Pemasok (X2), Kekuatan Pembeli (X3), Ketersediaan Barang Substitusi (X4) dan Kekuatan Pesaing (X5) terhadap Strategi Pemasaran (Z) dan Kinerja Pemasaran (Y). Lokasi Penelitian dilakukan di Tanggulangin, dengan jumlah sampel sebanyak 77 responden berdasar alat uji analisis penelitian. Penelitian ini menggunakan Analisis Path ( Path Analysis ). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X1 terhadap Z sebesar 0,229, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X2 terhadap Z sebesar 0,203, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X3 terhadap Z sebesar 0,147, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X4 terhadap Z sebesar 0,289, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X5 terhadap Z sebesar 0,164, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X1 terhadap Y sebesar 0,232 dan terdapat pengaruh positif antara X1 terhadap Y yang dimediatori oleh Z sebesar 0,215. Dengan demikian, variabel X1 mempunyai pengaruh total terhadap Y sebesar 0.447. Kemudian terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X2 terhadap Y sebesar 0,171 dan terdapat pengaruh positif antara X2 terhadap Y yang dimediatori oleh Z sebesar 0,190. Dengan demikian, variabel X2 mempunyai pengaruh total terhadap Y sebesar 0.361. Kemudian terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X3 terhadap Y sebesar 0,254 dan terdapat pengaruh positif antara X3 terhadap Y yang dimediatori oleh Z sebesar 0,138. Dengan demikian, variabel X3 mempunyai pengaruh total terhadap Y sebesar 0.392. Kemudian terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X4 terhadap Y sebesar 0,201 dan terdapat pengaruh positif antara X4 terhadap Y yang dimediatori oleh Z sebesar 0,270. Dengan demikian, variabel X4 mempunyai pengaruh total terhadap Y sebesar 0.472. Kemudian terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel X5 terhadap Y sebesar 0,180 dan terdapat pengaruh positif antara X5 terhadap Y yang dimediatori oleh Z sebesar 0,154. Dengan demikian, variabel X5 mempunyai pengaruh total terhadap Y sebesar 0.334.Dan kesimpulan terakhir menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel Z terhadap Y sebesar 0,937. Variabel yang memberikan pengaruh terbesar terhadap Kinerja Pemasaran adalah variabel Strategi Pemasaran. Hal ini menunjukkan dengan Strategi Pemasaran yang tepat akan menghasilkan Kinerja Pemasaran yang baik pula. Pengrajin usaha kecil perlu untuk selalu dapat mengantisipasi adanya perubahan Lingkungan Industri dengan menetapkan Strategi Pemasaran yang tepat sehingga menghasilkan Kinerja Pemasaran yang baik pula. Sehingga pengrajin usaha kecil kerajinan kulit tetap dapat bersaing dan dapat menjaga keberlangsungan hidup usaha kecil kerajinan kulit.

English Abstract

existence of small businesses in Indonesia, which plays an important role in advancing joints in Indonesian economy. This can be seen at time of economic crisis in Asia, especially Indonesia. Many big companies out of business because it could no longer bear loss of ir business activities but on o r hand, small businesses still able to run a business activity. purpose of this study is to analyze and explain influence of environmental factors including industry Sign Rookie Barriers (X1), Power Suppliers (X2), Power Purchaser (X3), availability of substitutes (X4) and Strength of Competitors (X5) against Marketing Strategy (Z) and Marketing Performance (Y). Location study was conducted in Tanggulangin, with a total sample of 77 respondents based on research analysis test tools. This study used path analysis (path analysis) . results show that re is positive and significant correlation between variables X1 to Z of 0.229, re is positive and significant correlation between variables X2 to Z of 0.203, re is positive and significant correlation between variables X3 to Z of 0.147, re is positive and significant correlation between variables X4 to Z of 0.289, re is positive and significant correlation between variables X5 to Z of 0.164, re is positive and significant correlation between variables X1 to Y at 0.232 and re is positive between dimediatori X1 to Y by Z at 0.215. Thus, variable X1 has a total effect on Y for 0447. n re is positive and significant correlation between variables X2 to Y at 0.171 and re is positive between X2 to Y by Z at 0.190. Thus, variable X2 has a total effect on Y for 0361. n re is positive and significant correlation between variables of Y X3 at 0.254 and re is positive between X3 to Y by Z at 0.138. Thus, variable X3 has a total effect on Y for 0392. n re is positive and significant correlation between variable X4 to Y at 0.201 and re is positive between X4 to Y by Z at 0.270. Thus, variable X4 has a total effect on Y for 0472. n re was a significant positive effect between variable Y at X5 to 0.180 and re is positive between X5 to Y by Z at 0.154. Accordingly, variable X5 has a total effect on Y for 0.334.Dan final conclusion states that re is positive and significant correlation between variables of Y Z of 0.937. Variables that provide greatest influence on Performance of Marketing Strategy Marketing is variable. This shows that with right Marketing Strategies Marketing will produce a good performance too. Craftsmen small business need to always be able to anticipate changing industry environment by establishing an appropriate marketing strategy to generate performance A good marketing, too. So lea r craftsmen small businesses remain competitive and can maintain survival of small businesses lea r.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/NUR/a/041002516
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Dec 2010 15:41
Last Modified: 21 Dec 2010 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159835
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item