Pengaruh Karakteristik Sumber Informasi Word of Mouth (WOM) terhadap Perceived Risk, Sikap Konsumen dan Keputusan Pembelian (Studi pada Pasien yang Menggunakan Jasa Dokter Praktek dr Gino Tann Haemato

Hidayati, HosiannaAyu (2015) Pengaruh Karakteristik Sumber Informasi Word of Mouth (WOM) terhadap Perceived Risk, Sikap Konsumen dan Keputusan Pembelian (Studi pada Pasien yang Menggunakan Jasa Dokter Praktek dr Gino Tann Haemato. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Karakteristik Sumber Informasi WOM terhadap Perceived Risk, Sikap Konsumen dan Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan merupakan explanatory research. Penelitian ini dilakukan pada pasien pengguna jasa praktek dr. Gino Tann Haematologist&Oncologist yang pernah menerima rekomendasi dari orang lain untuk menjadi pasien dokter dengan sampel sebanyak 102 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan deskriptif dan menggunakan teknik analisis jalur (path analysis) disertai dengan pengujian hipotesis untuk menguji pengaruh signifikan terhadap variabel yang telah ditentukan. Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut :Karakteristik Sumber Informasi WOM berpengaruh signifikan terhadap Perceived Risk, Karakteristik Sumber Informasi WOM berpengaruhsignifikan terhadap Sikap Konsumen, Karakteristik Sumber Informasi WOM berpengaruhsignifikan terhadap Keputusan Pembelian, Perceived Riskberpengaruh signifikan terhadap Sikap Konsumen, Perceived Riskberpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan Sikap Konsumen berpengaruhsignifikan terhadap Keputusan Pembelian Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan hubungan memiliki pengaruh signifikan yakni menjawab seluruh hipotesis, namun terdapat tiga variabel yang memiliki pengaruh negatif yaitu: Karakteristik Sumber Informasi memiliki pengaruh negatif terhadap Perceived Risk, Perceived Risk memiliki pengaruh negatif terhadap Sikap Konsumen, Perceived Risk memiliki pengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian. Kata kunci : karakteristik sumber informasi WOM, perceived risk, sikap konsumen dan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/HID/p/2015/041504415
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Sep 2015 14:03
Last Modified: 23 Sep 2015 14:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159831
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item