Peran Kepercayaan sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra terhadap Keputusan Bersedekah Wakaf Tunai (Studi di Baitul Maal - Perdana Surya Utama Malang)

Catri, MegaAyuRinintyaning (2011) Peran Kepercayaan sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra terhadap Keputusan Bersedekah Wakaf Tunai (Studi di Baitul Maal - Perdana Surya Utama Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas layanan dan citra terhadap kepercayaan dan pengaruh kualitas layanan, citra dan kepercayaan terhadap keputusan bersedekah wakaf tunai pada Baitul Maal - Perdana Surya Utama (BM-PSU) Malang. Populasi dari penelitian ini adalah orang yang telah menjadi wakif tetap pada BM–PSU (Baitul Maal – Perdana Surya Utama) di Kota Malang berjumlah 569. Dengan ukuran populasi 569 orang dan tingkat kelonggaran ketidaktelitian sebesar 10%, maka ukuran sampel dalam penelitian berjumlah 85 wakif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan Analisis Jalur ( Path Analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan pencitraan yang diberikan oleh Baitul Maal - Perdana Surya Utama (BM-PSU) Malang akan meningkatkan kepercayaan wakif/donatur terhadap Baitul Maal - Perdana Surya Utama (BM-PSU) Malang, selain itu, kualitas layanan, citra dan kepercayaan memberikan pengaruh terhadap keputusan bersedekah wakaf tunai. Guna meningkatkan keputusan wakif/donatur bersedekah wakaf tunai, maka BM-PSU Malang perlu menciptakan hubungan kekeluargaan dan selalu memberikan tanggapan yang baik serta cepat apabila terdapat keluhan dari waqif/donatur. Selain itu, mampu memberikan sarana dan prasarana yang memadai, menciptakan prosedur layanan yang tidak berbelit belit dan mampu melaksanakan pemanfaatan wakaf tepat waktu dan tepat sasaran. BM-PSU Malang perlu memberikan pencitraan yang baik dalam menyalurkan wakaf tunai, dimana wakaf tunai benar-benar bermanfaat untuk peningkatan prasarana ibadah dan sosial, serta kesejahteraan masyarakat (social benefit) dan digunakan untuk segala kegiatan yang baik termasuk menunjang sektor usaha bagi orang miskin. BM-PSU Malang perlu menciptakan kepercayaan yang sebesar-besarnya bagi wakif/donatur, dimana kepercayaan wakif/donatur terbentuk karena BMPSU Malang memiliki kemampuan yang profesional mengelola dan mengembangkan wakaf tunai, memiliki kebijakan dalam mengelola wakaf tunai, serta memiliki integritas dalam mengelola wakaf.

English Abstract

This study analyzes service quality effect and image to trush and service quality effect, image and trust to cash donated decision in Baitul Maal – Perdana Surya Utama (BM-PSU) Malang. population of this study was people who danated permanently to BM-PSU (Baitul Maal – Perdana Surya Utama) in Malang for about 569 people. With population size for 569 people and unaccurate dispensation rate 10%, sample size in this study was 85 donation people. data analysis used in this study used Path Analysis. result of study showed that service quality and image given by Baitul Maal – Perdana Surya Utama (BM-PSU) malang will increase donators` trust to Baitul Maal – Perdana Surya Utama (BM-PSU) Malang, while service quality, image and trust give many effects to ir decisions to give cash donation. For increasing donators` decision to give cash donations, BM-PSU Malang necessarily builds family relationship and gives good response and quick actions when re are claim from donators. Moreover, it is able to give sufficient facility and infrastructure, build easy service procedure and able to do donation services ontime and accurate. BM-PSU Malang needs to give good image in distributing cash donations, in which cash donations are very useful to enhance religious and social infrastructures, and for social benefit and used to all good activities, including to support endeavor sector for poor people. BM-PSU Malang needs to build trust from donators in which ir trust will be created, because BM-PSU has a professional ability to manage and develop cash donations, policies in managing cash donations, and also integrity in managing donations.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.8/CAT/p/041102362
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 13 Oct 2011 09:19
Last Modified: 13 Oct 2011 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159825
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item