Rekayasa Sistem Informasi Inventory yang Cerdas Berbasis Group Technology untuk Memudahkan Assembly Kendaraan

Yudistiro, Danang (2012) Rekayasa Sistem Informasi Inventory yang Cerdas Berbasis Group Technology untuk Memudahkan Assembly Kendaraan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam hal perencanaan line produksi, perencana proses assembly ( assembly process planner ) di dalam perusahaan pada awalnya memerlukan banyak waktu untuk merencanakan proses produksi suatu komponen. Perencanaan urutan assembly ( assembly sequece ) kadang merupakan sebuah pekerjaan yang rawan kesalahan (Choi,1998), terlebih lagi bila ada banyak part yang harus dirakit. Namun semakin lama dia menekuni pekerjaan ini, maka pekerjaan yang dia lakukan tidak akan terasa berat lagi karena sudah semakin banyak pengalaman. Waktu yang dibutuhkan pun akan semakin singkat karena selain sudah semakin trampil juga sudah berpengalaman mengerjakan beberapa jenis produk yang memiliki karakteristik yang sama. Salah satu solusi adalah dengan aplikasi Group Technology yang diterapkan pada sistem informasi. Penelitian ini membahas tentang pembuatan Sistem Informasi Inventory dengan kodefikasi berbasis Group Technology . Metode kodefikasi yang digunakan adalah metode hybrid yaitu gabungan antara metode polycode dan monocode . Aplikasi group technology yaitu dengan pengelompokan part dalam family part yang sama baik fungsi, jenis, spesifikasi dan assembly sequence . Pengelompokan ini kemudian dikodekan, sehingga setiap part memiliki kode yang mewakili family part. Tujuan dari kodefikasi untuk memudahkan assembly planner dan bagian gudang dalam merencanakan assembly line , mengidentifikasi lokasi simpan part dan family part. Setiap part yang sudah dikodefikasi, kemudian di susun serta dibuat database. Database inilah yang menjadi sistem informasi inventory . Software yang digunakan dalam Sistem Informasi ini adalah Microsoft Acces 2007. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah prototype program database sistem informasi yang menggunakan software Microsoft Acces 2007. Sistem informasi tersebut merupakan aplikasi dari group Technology dan Database . Diharapkan sistem informasi ini dapat membantu desain assembly line dan inventory system pada assembly kendaraan.

English Abstract

In terms of planning, production line assembly process Planner (assembly process planner) in company initially requires a lot of time to plan production process of a component. Assembly sequence planning sometimes is an error-prone job (Choi,1998), because re are a lot of parts to be assembled. But longer he took this job, n job does not feel heavy anymore because planner was more and more experience. time required will be brief because in addition to already increasingly more skilful also experienced working on some types of products that have same characteristics. One solution Group Technology is applied to information system. This research discusses creation of information systems inventory with codefication-based on Group Technology method. Codefication method that is used is a combination of a hybrid between polycode and monocode methods. Group Technology is applied by grouping part in family part of same good functions, types, specifications and assembly sequence. grouping is n encoded, so that every part has a code that represents family part. goal of codefication is to simplify assembly and parts warehouses in planner to plan assembly line, identifies location of save part and part family. Each part is coded, n on flats as well as made database that become information system inventory. Software used in se information systems is Microsoft Access 2007. end result of this research is a prototype of inventory information system using Microsoft Access 2007 software which is Group Tchnology applied as codefication method. Hopefully this information system can help design assembly line and inventory system in assembly of vehicles.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.787/YUD/r/041202472
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.7 Management of materials
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 11 Oct 2012 10:46
Last Modified: 11 Oct 2012 10:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159818
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item