Antariksa, WalidFajar (2014) Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Universitas Brawijaya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sistem penjaminan mutu (SMM) pada pendidikan tinggi merupakan topik yang banyak dibahas, diteliti dan dikembangkan oleh banyak pakar di tingkat internasional. Salah satu SMM yang telah berkembang di dunia adalah SMM ISO 9001:2008. Universitas Brawijaya (UB) merupakan universitas besar di Jawa Timur yang telah menerapkan Prinsip-prinsip SMM ISO 9001:2008 dan telah mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 (JKT6003728) dari badan sertifikasi ISO Lloyd`s Register Quality Assurance (LRQA) dengan lingkup sertifikasi untuk "layanan akademik beserta aktivitas pendukungnya pada tanggal 5 Januari 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan SMM ISO 9001:2008 pada kinerja UB yang diukur dengan Balanced Scorecard yang merupakan pengukuran kinerja secara seimbangan dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data primer diperoleh penyebaran kuesioner kepada 60 responden yang merupakan dosen dan pegawai di UB. Variabel Penelitian yang digunakan adalah (1) Variabel bebas, yaitu Penerapan Prinsip-prinsip SMM ISO 9001:2008 yang terdiri dari fokus pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan personil, pendekatan proses, pendekatan sistem ke manajemen, perbaikan berkelanjutan, pendekatan fakta sebagai dasar pengambilan keputusan, hubungan dengan pemasok yang saling menguntungkan; (2) Variabel terikat, yaitu kinerja Universitas baik dari perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Untuk mengetahui pengaruh peubah bebas dan peubah terikat, digunakan metode analisis jalur dengan bantuan Microsoft SPSS versi 19.0 for windows. Hasil pengolahan data menunjukan terdapat pengaruh positif antara penerapan SMM ISO terhadap kinerja perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari Hasil tersebut penulis menyarankan agar instansi yang lain menerapkan Prinsip-prinsip SMM ISO 9001:2008 pada pengelolaan instansinya untuk meningkatkan kinerjanya.
English Abstract
Quality Manajemen System (QMS) in higher education is a topic that is widely discussed, researched and developed by many experts at international level. One of QMS that has grown in world is ISO 9001:2008. University of Brawijaya (UB) is a large university in East Java that applied principles of ISO 9001:2008 and got certificate of ISO 9001:2008 (JKT6003728) from ISO certification body Lloyd s Register Quality Assurance ( LRQA ) with scope of certification for "academic service along with ir supporting activities” on January 5, 2012. purpose of this study is to determine effect of ISO 9001:2008 implementation on UBs performance that measured by Balanced Scorecard wich is measure by financial perspective, customer perspective, business internal, and learning and growth perspective. primary data obtained by distributing questionnaires to respondents who are lecturers and staff at UB as sample. study variables were used: (1) independent variable, which is implementation of Principles of ISO 9001:2008 consisting of customer focus, leadership, involvement of people, process approach, system approach to management, continual improvement, factual approach to decision making, mutually beneficial supplier relations; (2) dependent variable is University performance from financial perspective, customer perspective, internal business, and learning and growth perspective. To determine effect of independent variables and dependent variables, path analysis method were used with help of Microsoft SPSS version 19.0 for windows. results of data processing show a positive influence on implementation of QMS ISO to performance from financial perspective, customer perspective, internal business perspective, and learning and growth perspective. From se results authors suggest to o r organization for implement principles of ISO 9001:2008 on ir organization to improve performance.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.562/ANT/a/041402990 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 14:36 |
Last Modified: | 19 Jun 2014 14:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159795 |
Actions (login required)
View Item |