Perencanaan dan Pengendalian Produksi yang Adaptif di CV. Chicken Talk Food

Verawati (2014) Perencanaan dan Pengendalian Produksi yang Adaptif di CV. Chicken Talk Food. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perencanaan produksi merupakan suatu kegiatan pendahuluan atas proses produksi yang akan dilaksanakan dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Sering terjadi, perusahaan tidak cermat dalam hal perencanaan kebutuhan material yang dapat mengganggu jalannya proses produksi dan berakibat perusahaan tidak dapat memproduksi produk dengan tepat waktu. Dengan adanya pengaturan perencanaan persediaan bahan baku yang baik, diharapkan akan memberikan peningkatan efisiensi untuk menekan biaya produksi. Langkah awal dalam melakukan perencanaan dan pengendalian produksi adalah melakukan peramalan atas permintaan untuk masa mendatang. Peramalan permintaan memegang peranan penting di dalam pengaturan persediaan, perencanaan dan pengendalian produksi yang efektif. CV. Chicken Talk Food yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan makanan beku melakukan aktivitas produksi tanpa perencanaan yang baik dan terintegrasi. Model PPIC konvensional tidak mampu menyesuaikan secara fleksibel untuk mengantisipasi dan mengendalikan kompleksitas dan gangguan-gangguan pada sistem produksi dalam industry pangan. Untuk mengatasi kelemahan dari model PPIC konvensional perlu digunakan model PPIC yang adaptif. Model PPIC adaptif memiliki nilai lebih bila dibandingkan dengan model konvensional karena karakter adaptif dan cerdasnya. Metode penelitian ini menggunakan metode Simple Moving Average, EWMA, Holt`s Model dan Winter`s Model untuk menghitung peramalan permintaan, Stochastic Dynamic Programming untuk menentukan model PPIC yang adaptif dan metode EOQ untuk menghitung MRP produk ayam ‘Chicken Talk` . Hasil penelitian menunjukkan metode peramalan permintaan yang paling tepat untuk CV. Chicken Talk Food adalah Winter`s Model dengan nilai MAD terkecil yaitu sebesar 35.36. penerapan model PPIC yang adaptif untuk perencanaan tahun 2014 menunjukkan hasil berupa estimasi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan di tahun 2014 masih lebih kecil dibanding dengan total biaya yang dikeluarkan di tahun 2013. Perusahaan dapat menghemat Rp. 136,646,848.24.

English Abstract

Production planning is an introductory activity on production process to be implemented in order to achieve desired objectives of company. It often happens, company is not careful in terms of material requirements planning which can disrupt production process and result in a company can not produce product in a timely manner. With setting of planning a good raw material inventory, is expected to provide increased efficiency to reduce production costs. initial step in planning and control of production is done on demand forecasting for future. Demand forecasting plays an important role in regulation of inventory, production planning and control is effective. CV. Chicken Talk Food which is a company engaged in supply of frozen food production activities without proper planning and integrated. PPIC conventional models are not able to adapt flexibly to anticipate and control complexity and disruptions in production systems in food industry. To overcome drawbacks of conventional PPIC models have to be used PPIC adaptive models. Adaptive PPIC models have more value when compared to conventional models for adaptive and intelligent character. This research method using Simple Moving Average, EWMA, Holts and Winters model to calculate demand forecasting model, Stochastic Dynamic Programming to determine model of adaptive PPIC and EOQ method for calculating MRP chicken products Chicken Talk. results showed demand forecasting method most appropriate for CV. Chicken Talk Food is Winters model with smallest MAD value that is equal to 35.36. application of adaptive PPIC models for planning in 2014 show results in form of estimated costs incurred by company in 2014 was lower than total costs incurred in year 2013, company could save Rp. 136,646,848.24.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.503 8/VER/p/041407937
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production
Divisions: S2/S3 > Magister Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 21 Jan 2015 12:23
Last Modified: 21 Jan 2015 12:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159788
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item