Faktor Lingkungan Internal dan Eksternal yang Berpengaruh terhadap Kinerja Usaha Kecil Makanan dan Minuman di Kota Malang

Ardyanti, AsielineWahyuTri (2009) Faktor Lingkungan Internal dan Eksternal yang Berpengaruh terhadap Kinerja Usaha Kecil Makanan dan Minuman di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia, jumlah industri kecil sangat banyak dan terdapat di hampir semua sektor ekonomi serta kontribusi cukup besar terhadap kesempatan kerja dan pendapatan masyarakat.Industri kecil adalah sebagai salah satu penggerak ekonomi daerah yang merupakan komponen yang sangat penting dan mempunyai nilai strategis dalam pembangunan nasional, khususnya dalam penyerapan tenaga kerja, peningkatan pemerataan dan pendapatan masyarakat. Industri kecil memiliki keterbatasan modal kerja maupun modal investasi, kesulitan mendapatkan bahan baku dengan kualitas baik dan harga terjangkau, keterbatasan teknologi dan sumberdaya manusia, pengelolaan manajemen internal dan eksternal. Lokasi penelitian ditetapkan di kawasan Kota Malang, yang meliputi Jl. MT. Haryono untuk wilayah Lowokwaru, Jl. Borobudur untuk kawasan Blimbing, Kompek perumahan Sawojajar untuk wilayah Kedungkandang, Jl.Kebonsari dekat Universitas Kanjuruhan untuk wilayah Sukun dan Jl. Bareng untuk wilayah Klojen. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling dengan jumlah total sampel sebanyak 100 pedagang. Responden yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah para pemilik atau pengusaha yang bertindak sebagai pengelola usaha kecil makanan dan minuman. Variabel penelitian adalah kinerja industri sebagai variabel terikat dan variabel produk, bahan baku, permodalan/keuangan, pemasaran, pembeli, pemasok, pemerintah, teknologi dan pesaing sebagai variabel bebas. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. Variabel produk, bahan baku, permodalan/keuangan, pemasaran, pemasok dan pesaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha kecil makanan dan minuman di Kota Malang. Pengaruh dominan dari faktor internal adalah permodalan dan pemasok untuk faktor eksternal.

English Abstract

In Indonesia, re are a lot of small industries and se small industries can be found in all economic sectors and y give much contribution to income of local people. se kinds of small industries generate local economy and have become most important components in employment of labor, increase of equal distribution and local people`s income. However, se small indutries are lacking of work labor and investment, facing problems to obtain affordable materials of good quality, lacking of technology and human resource, and poor internal as well as external management. location of research is in Malang, comprising of districts as follow: Jl. MT. Haryono at Lowokwaru, Jl.Borobudur at Blimbing, Sawojajar Residence at Kedung Kandang, Jl. Kebonsari near Kanjuruhan University at Sukun, and Bareng at Klojen. total number of respondents is 100 vendors who were chosen using random sampling. se target respondents are owners or enterprenuers who run ir own small businesses in food and beverages. research variables are industrial performance. As dependent variables and independent variables are product, basic material, capital/finance, marketing, buyers, suppliers, government, technology, and competitors. results of this research is that product variable, basic material, capital/finance, marketing, supplier, and competitor all play significantly in performance of small businesses of food and beverages in Malang; most dominant influence from internal factor is capital and from external factos is competitor.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.421/ARD/f/041001735
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Jan 2011 10:41
Last Modified: 03 Jan 2011 10:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159756
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item