Pengaruh Orientasi Kepemimpinan Pasar dan Strategi Inovasi terhadap Kinerja UKM (Studi pada UKM Kerajinan Bubut Kayu Kota Blitar)

Perwiranegara, AbdulHaris (2013) Pengaruh Orientasi Kepemimpinan Pasar dan Strategi Inovasi terhadap Kinerja UKM (Studi pada UKM Kerajinan Bubut Kayu Kota Blitar). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam situasi perubahan ekonomi yang terus bergerak, inovasi merupakan suatu keharusan. Bukan hanya sebagai strategi untuk bertahan dari pesaing, namun lebih dari itu yaitu untuk mencapai suatu keunggulan dan sukses yang berkesinambungan. Selain inovasi, dalam menghadapi pasar yang semakin berkembang diperlukan sebuah orientasi kepemimpinan dalam pasar pada setiap organisasi. Pentingnya orientasi kepemimpinan pasar dan strategi inovasi terhadap kinerja merupakan hal penting yang akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab pertanyaan permasalahan bagaimana orientasi kepemimpinan pasar dan strategi inovasi pada usaha kecil menengah (UKM) yang difokuskan pada jenis usaha bubut kayu di kota Blitar akan meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh usaha kecil menengah untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui orientasi kepemimpinan pasar dan strategi inovasi. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan ( explanatory research) , yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah UKM bubut kayu yang beroperasi di wilayah kota Blitar. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 unit. Analisis data penelitian yang dilakukan dengan analisis path untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa orientasi kepemimpinan pasar berpengaruh secara langsung terhadap inovasi UKM baik inovasi proses, inovasi produk maupun inovasi organisasi. Inovasi proses dan inovasi produk memiliki pengaruh secara langsung terhadap kinerja operasional UKM bubut kayu di kota Blitar. Hanya inovasi organisasi yang tidak memiliki pengaruh nyata kepada kinerja operasional UKM bubut kayu di kota Blitar. Kemudian orientasi kepemimpinan pasar tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja operasional UKM bubut kayu di kota Blitar tetapi berpengaruh secara tidak langsung terhadap kinerja organisasi melalui inovasi proses dan inovasi produk.

English Abstract

In economic situation that always changes, innovation is a must. Not only as a strategy to survive, but innovation to achieve a successful and sustainable excellence. Besides of innovation, market leadership orientation required by organization. importance of market leadership and strategic orientation towards innovation performance are discussed in this study. This study aimed to analyze influence among variables in order to answer question of how market leadership orientation and strategy of innovation on small and medium enterprises (SME) will improve its performance. This study focuses on Blitar wood la . This study provides a oretical implications and managerial implications regarding steps to be taken by small and medium enterprises to improve performance of company. This research is explanation (explanatory research), in which it explains causal relationship between research variables through hypo sis testing. Population of research is wood la SME that operating in Blitar city. Sample is taken by simple random sampling technique with a sample size of 110 units. Data will be subjected to path analysis to determine relationship between study variables. results concluded that orientation of market leadership directly affects SMEs on innovation process innovation, product innovation and organizational innovation. Process innovation and product innovation has a direct influence on performance of SME. Only organization innovation does not have a significant effect on SME performance. n, market leadership orientation has no direct effect on SME performance but it`s have indirectly affect on performance of organization through process innovation and product innovation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409/PER/p/041402606
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 19 Jun 2014 10:00
Last Modified: 19 Jun 2014 10:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159755
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item