Analisis Pengaruh Sumber Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja dengan Komunikasi Organisasi sebagai Variabel Moderating (Studi pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang).

ElsaErmiraTsulusiTsani (2010) Analisis Pengaruh Sumber Stres Kerja terhadap Kepuasan Kerja dengan Komunikasi Organisasi sebagai Variabel Moderating (Studi pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah kepuasan kerja karyawan merupakan topik yang selalu menarik dan perlu dikaji secara terus menerus. Dalam hal ini dikaitkan dengan kondisikondisi yang dianggap sebagai pemicu timbulnya stres kerja, karena penyebab stres kerja ini dapat mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sumber stres kerja terhadap kepuasan kerja dan menganalisis pengaruh moderasi komunikasi organisasi terhadap hubungan sumber stres kerja dengan kepuasan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Moderasi. Responden yang diambil adalah seluruh pegawai struktural Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang. Melalui 108 kuesioner yang diberikan kepada responden, diperoleh 104 kuesioner yang dapat dianalisis Hasil penelitian secara statistik menunjukkan bahwa sumber stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Ketika tekanan dari sumber stres kerja semakin rendah, maka kepuasan kerja semakin meningkat. Variabel komunikasi organisasi secara signifikan berpengaruh terhadap hubungan antara sumber stres kerja dengan kepuasan kerja. Meskipun pengaruhnya kecil, namun hubungan sumber stres kerja terhadap kepuasan kerja dapat berubah dengan adanya komunikasi organisasi. Untuk memperbaiki kepuasan kerja pegawai, maka yang harus diperhatikan oleh manajemen Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang adalah memperbaiki kondisi kerja dengan meminimalkan keadaan-keadaan yang berpotensi memunculkan konflik dalam kelompok kerja antar pegawai melalui pendekatan komunikasi internal dan membina keeratan hubungan antar pegawai baik secara formal maupun informal.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 5/TSA/a/041100202
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Feb 2011 14:34
Last Modified: 02 Feb 2011 14:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159746
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item