Pengaruh Sumber Stress Kerja (Stressor Kerja) dan Motivasi terhadap Kinerja Pramuniaga : Studi Pada PT. Sarinah (Persero) Malang dan PT. Ratu Idaman Pratama Malang

Anggraini, Yulia (2010) Pengaruh Sumber Stress Kerja (Stressor Kerja) dan Motivasi terhadap Kinerja Pramuniaga : Studi Pada PT. Sarinah (Persero) Malang dan PT. Ratu Idaman Pratama Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan studi yang menguji tentang Pengaruh Sumber Stress Kerja (Stressor Kerja) dan Motivasi terhadap Kinerja Pramuniaga (Studi Pada PT. Sarinah (Persero) Malang dan PT. Ratu Idaman Pratama Malang). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sumber stress kerja (stressor kerja) yang terdiri dari stressor ekstraorganisasi, stressor organisasi, stressor kelompok dan stressor individual serta motivasi menurut Maslow yang terdiri dari kebutuhan dasar, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan pengahargaan dan kebutuhan aktualisasi diri secara simultan maupun parsial terhadap kinerja pramuniaga pada PT. Sarinah (Persero) Malang dan PT. Ratu Idaman Pratama Malang, dan untuk melihat mana yang lebih dominan antara sumber stress kerja (stressor kerja) dan motivasi. Jenis penelitian eksplanatory digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 191 orang responden sebagai sampel dari 364 pramuniaga pada PT. Sarinah (Persero) Malang dan PT. Ratu Idaman Pratama Malang. Hasil análisis regresi linier berganda menunjukkan stressor ekstraorganisasi, stressor organisasi, stressor kelompok, stressor individual serta kebutuhan dasar, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan pengahargaan dan kebutuhan aktualisasi diri secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pramuniaga dengan nilai F sebesar 50,298 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,04. Melalui regresi secara parsial dapat diketahui bahwa variabel stressor kerja dengan nilai t sebesar -3,549 dan variabel motivasi dengan nilai t sebesar 8,461 lebih besar dari ttabel sebesar 1,65. Sehingga terdapat pengaruh antara stressor kerja dan motivasi terhadap kinerja baik secara simultan maupun parsial. Dari nilai t diketahui bahwa motivasi merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi kinerja pramuniaga pada PT. Sarinah (Persero) Malang dan PT. Ratu Idaman Pratama Malang.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 5/ANG/p/2010/041100199
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2011 09:38
Last Modified: 09 Feb 2011 09:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159741
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item