Widiastuti, Tantri (2010) Analisis Pengaruh Gender, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Sidoarjo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan dipandang sebagai sarana yang paling strategis untuk mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa. Perkembangan kualitas pendidikan di Indonesia masih dikategorikan rendah. Pendidikan dasar memiliki peranan yang sangat penting karena pada sekolah dasar peserta didik dipandang sebagai makhluk yang memerlukan bantuan dalam mengembangkan dirinya ke arah kemandirian sebagai manusia dewasa. Pada pendidikan dasar ini potensi yang ada membutuhkan arah pengembangan yang sesuai dengan kondisi sosio kultural, keyakinan spiritual daya imajinasi dan emosional serta potensi-potensi kemanusiaan lainnya yang sangat kompleks sehingga pendidikan dasar sangatlah penting. Produktivitas sekolah dapat ditingkatkan melalui peningkatan profesionalitas kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah ini mempengaruhi berbagai pihak yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan dari variabel gender, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap produktivitas sekolah khususnya sekolah dasar (2) Untuk mengetahui pengaruh secara parsial dari variabel gender, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap produktivitas sekolah khususnya sekolah dasar, (3) Untuk mengetahui pengaruh dari variabel gender, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi yang memiliki pengaruh dominan terhadap produktivitas sekolah khususnya sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian penjelasan ( explanatory research) , karena melakukan telaah mengenai pengaruh suatu variabel independen terhadap variabel dependen dan merumuskan hipotesis untuk diuji. Jumlah sampel yang diteliti adalah 83 kepala sekolah SD Negeri di kabupaten Sidoarjo. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda ( regression analysis ) dengan variabel dummy. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bahwa gender, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara bersama-sama dapat meningkatkan produktivitas sekolah khususnya sekolah dasar negeri di Kabupaten Sidoarjo, (2) Bahwa tidak ada perbedaan antara kepala sekolah laki-laki dan perempuan terhadap produktivitas sekolah terutama sekolah dasar, Apabila seorang kepala sekolah sebagai atasan di sekolah menggunakan gaya kepemimpinan yang tepat dalam memimpin sekolahnya maka hal itu akan meningkatkan produktivitas sekolah tersebut dan Budaya organisasi mendukung terhadap peningkatan produktivitas sekolah terutama sekolah dasar karena budaya organisasi dapat membuat para pemimpin dan bawahan secara tidak langsung menjadi terikat sehingga dapat membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan visi dan misi strategi sekolah (3) Bahwa Antara budaya organisasi dan gaya kepemimpinan maka budaya organisasi memiliki andil yang cukup besar untuk meningkatkan produktivitas sekolah. Budaya ini mencakup kemampuan kepala sekolah dalam hal memotivasi bawahan untuk menerapkan strategi.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.409 2/WID/a/041003171 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 26 Nov 2010 11:21 |
Last Modified: | 26 Nov 2010 11:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159734 |
Actions (login required)
View Item |