Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada RSUD dr. Haulussy Ambon, Studi Pada Tenaga Perawat di RSUD dr. Haulussy Ambon

Sahertian, OliviaLaura (2010) Pengaruh Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Pada RSUD dr. Haulussy Ambon, Studi Pada Tenaga Perawat di RSUD dr. Haulussy Ambon. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberhasilan dan kelangsungan rumah sakit sangat ditentukan oleh perilaku anggota organisasinya. Dalam prakteknya, salah perilaku anggota organisasi adalah perilaku di luar tugas resmi (extra-role behavior). Extra role behavior ini dapat meningkatkan kinerja organisasi melalui efisiensi dan efektivitas dalam praktek organisasi. Dasar extra-role behavior telah dikonseptualisasikan menjadi Organizational Citizenship Behavior/OCB. Beberapa anteseden yang dapat mempengaruhi anggota organisasi untuk menunjukkan Organizational Citizenship Behavior/OCB adalah kepemimpinan, kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Kualitas kepemimpinan yang baik, kepuasan kerja yang terpenuhi dan komitmen organisasi yang tinggi dari anggota organisasi dapat menciptakan perilaku yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior/OCB. Penelitian dilakukan di RSUD dr. Haulussy Ambon, khususnya pada tenaga perawat, dengan mengambil sampel sebanyak 174 orang sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara dan dokumentasi selanjutnya diolah dengan menggunakan analisa diskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh langsung yang signifikan dan positif terhadap OCB, kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap OCB dan komitmen organisasi juga berpengaruh langsung positif terhadap OCB. Hasil analisis juga membuktikan bahwa kepemimpinan berpengaruh secara tidak langsung dan positif terhadap OCB melalui kepuasan kerja serta kepemimpinan berpengaruh tidak langsung dan positif terhadap OCB melalui komitmen organisasi. Secara umum, komitmen organisasi memberikan pengaruh yang paling besar terhadap OCB. Implikasi dari penelitian ini bagi RSUD dr. Haulussy Ambon, yaitu pihak rumah sakit dapat meningkatkan OCB perawat dengan cara meningkatkan kualitas kepemimpinan, kepuasan kerja dan komitmen organisasi perawat.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 2/SAH/p/041002502
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2010 11:10
Last Modified: 19 Nov 2010 11:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159726
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item