Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan : Studi terhadap Operator Produksi di Perusahaan Garment “X” Malang-Jawa Timur.

Rosalin, Sovia (2010) Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan : Studi terhadap Operator Produksi di Perusahaan Garment “X” Malang-Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam organisasi sektor private, sumber daya manusia mempunyai peran yang sangat penting dalam interaksinya dengan faktor modal, material, mesin dan dapat menjadi penyebab terjadinya pemborosan atau inefisiensi. Manusia juga menjadi faktor utama yang sangat menentukan kualitas dan kuantitas produk. Pada dasarnya karyawan bekerja memiliki tujuan serta memiliki banyak kebutuhan yang ingin dipenuhi. Oleh karena itu pemimpin yang berkeinginan meningkatkan kinerja karyawan perlu memperhatikan kesejahteraan dan persoalan-persoalan pribadi maupun keterkaitannya dengan karir. Pemberian motivasi kepada bawahan sangatlah penting, sebab motivasi kerja yang tinggi dapat mengakibatkan tingginya kinerja karyawan dan sebaliknya jika motivasi karyawan rendah akan berpengaruh terhadap rendahnya kinerja karyawan dan akan berpengaruh terhadap perkembangan kelangsungan perusahaan. Rendahnya produktivitas perusahan karena pemimpin gagal memahami karyawan dan tidak memperhatikan kebutuhan-kebutuhan karyawan. Hal ini menyebabkan tingkat keluar masuknya ( turn over ) karyawan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung variabel gaya kepemimpinan kontingensi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey yang bersifat explanatory . Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Garment “X” Kota Malang dengan populasi sasarannya adalah karyawan operator produksi. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling dimana dengan teknik ini mengambil sampel dari anggota populasi secara acak dan masingmasing bagian mendapat peluang yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel. Dengan jumlah sampel sebanyak 77 orang responden. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuisioner. Dalam menganalisis data penelitian ini digunakan alat analisa Path (analisis jalur) dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan dari gaya kepemimpinan terhadap motivasi kerja dengan koefisien jalur sebesar 0,361, terdapat pengaruh langsung yang signifikan dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan dengan koefisien jalur sebesar 0,393 pengaruh langsung yang signifikan dari motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan koefisien jalur sebesar 0,491 dan terdapat pengaruh tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan sebesar 0,177 atau 3,13% dan secara keseluruhan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh sebesar 0,570 atau 32,49% terhadap kinerja karyawan. Hal tersebut mendukung penelitian terdahulu dan diharapkan hasil penelitian menjadi evaluasi bagi pihak Perusahaan Garment “X” untuk lebih baik dalam mengimplementasikan strategi manajemen sumber daya manusianya untuk meningkatkan kinerja karyawannya.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 2/ROS/p/041002503
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Nov 2010 15:58
Last Modified: 19 Nov 2010 15:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159725
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item