Servant Leadership pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Manajemen Rutu Nusa di Kota Ambon

Lopumeten, RotsmiNatalia (2014) Servant Leadership pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Manajemen Rutu Nusa di Kota Ambon. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana penerapan servant leadership dan mengkaji bagaimana peran servant leadership dapat meningkatkan komitmen karyawan serta bagaimana peran servant leadership dapat meningkatkan kinerja organisasi pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Manajemen Rutu Nusa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan interaksi simbolik yaitu dengan 11 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership yang ada di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Manajemen Rutu Nusa dilakukan dengan sungguh-sungguh, tidak ada unsur paksaan, dilakukan dengan hati. Hal ini yang membuat sehingga setiap pekerjaan yang dilakukan tidak mengutamakan unsur gaji, tetapi lebih mengutamakan orang lain yaitu mahasiswa dengan cara melayani mahasiswa dengan baik. Dengan demikian temuan yang diperoleh yaitu penerapan servant leadership tetap melayani walau gaji tidak memadai, mengembangkan orang lain, terus membina kebersamaan, mendengar yang disampaikan orang lain, mengasihi orang lain, rendah hati dalam melayani. Sedangkan untuk peran servant leadership yang dilakukan dapat meningkatkan komitmen karyawan dan kinerja organisasi diantaranya : bertanggung jawab terhadap pekerjaan, membangun hubungan yang baik, meyakini bahwa dengan pelayanan yang diberikan akan mendapat berkat, balas jasa sebagai bagian untuk tetap ada di organisasi, rasa cinta terhadap pekerjaan, melayani generasi penerus bangsa, metode pembelajaran yang disampaikan untuk meningkatkan kinerja, pengambilan keputusan terhadap sebuah tugas, menerangi orang disekitar, dan adanya kepuasan yang dirasakan. Dapat disimpulkan bahwa karena mahasiswa dosen tetap ada untuk memberikan pelayanan walau dengan atau tanpa gaji.

English Abstract

purpose of this study is to examine how application of servant leadership and how role of servant leadership can enhance employee commitment and performance of organizational at college of Economics and Management Rutu Nusa. A qualitative research approach, namely symbolic interaction with 11 people informants was used in this study. results showed that servant leadership is in College of Economics and Management Rutu Nusa done in earnest, no compulsion and honestly done. This is made so that each job is done without priority to earn salary but to preferred o rs such as students by served m well. refore, findings generated are application of servant leadership continuously serve although inadequate salaries, developing o rs, continue to foster toge rness, hearing to conveyed by o rs, love o rs, humility in serving. As for role of servant leadership which done can enhance employee commitment and organizational performance such as: responsible for job, build a good relationship, believes that services provided will be blessed, as part of remuneration to remain in organization, love job, serving next generation, teaching methods delivered to enhance performance, decision-making on a task, illuminates people around, and presence of perceived satisfaction. It can be concluded that because of students, lectureships are willing to serve, even though with or without salary.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 2/LOP/s/041405985
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Oct 2014 16:56
Last Modified: 03 Oct 2014 16:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159714
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item