Krisna, Maria (2011) Pengaruh Kecerdasan Emosionil Pemimpin terhadap Kinerja dan Loyalitas Karyawan di PT. Riau Andalan Pulp and Paper Bisnis Unit Riau Fiber. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menjadi seorang pemimpin bukan sebuah pekerjaan mudah. Seorang pemimpin dituntut dapat mampu membawa organisasi mencapai tujuannya. Berbagai cara ditempuh seorang pemimpin untuk meningkatkan kinerja anak buahnya serta memperoleh loyalitas anak buahnya terhadap perusahaan. Salah satu karakteristik yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah kecerdasan emosional yang tinggi yang meliputi k esadaran emosionil, pengaturan diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Kecerdasan emosionil ini membawa seorang pemimpin menjadi lebih produktif dan sukses pada apa yang akan dicapainya, dan membantu orang lain dalam hal ini anak buahnya untuk menjadi lebih produktif. Penelitian ini adalah survei analitik untuk menganalisa pengaruh kecerdasan emosionil pemimpin terhadap kinerja dan loyalitas karyawan di PT. Riau Andalan Pulp and Paper, Bisnis Unit Riaufiber. Populasi penelitian ini sejumlah 141 orang diambil dari berbagai level, jenis kelamin, jabatan, usia, latar belakang pendidikan dan masa kerja. Data diambil menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan SPSS 19. Kesimpulan penelitian menunjukkan variabel kecerdasan emosionil pemimpin berpengaruh terhadap kinerja sebesar β = 0,444, kecerdasan emosionil pemimpin berpengaruh terhadap loyalitas sebesar β = 0,356 dan kinerja berpengaruh terhadap loyalitas sebesar β = 0,288. Disarankan pemimpin lebih meningkatkan kemampuan kepemimpinannya dengan meningkatkan kecerdasan emosionilnya untuk meningkatkan kinerja dan loyalitas karyawan.
English Abstract
Becoming a leader is never an easy task. A leader is requied to take charge of his organization and help it reach it`s goals. re are many ways that a leader could use to improve his subordinates` perfomance and to get ir loyalties. One of characteristics that a leader must have is a high Emotional intelligence, comprised of Emotional Awareness, Self-management, Motivation, Empathy, and Social skill. This Emotional Intellegence could help a leader be more productive and more successful towards his goals and help his subordinates to be more productive as well. This research is an analytical survey to analyze infuence of Emotional Intellegence of leadertowards job perfomance and loyalty of employees in PT. Riau Andalan Pulp and Paper, Riaufiber Business Unit. population of this research is 141 employeesfrom various levels, sexes, positions, ages, educational backgrounds and length of services. Questionnaire is used as a method to gain data for this research and SPSS 19 is used to analyze data. conclusion of this research shows that Emotional Intellegence of a leader do infuence Job Perfomance (β=0,044), Emotional Intellegence of a leader do influence Loyalty (β=0,356), and Job Perfomance influences Loyalty (β=0,288). It is recommende that a leader should improve his leadership by improving his Emotional Intellegence sothat Job Perfomance and Loyalty Of his subordinates could also be improved.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.409 2/KRI/p/041200278 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 31 Aug 2012 10:31 |
Last Modified: | 31 Aug 2012 10:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159711 |
Actions (login required)
View Item |