Pengaruh Lingkungan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan di PT Ittihad Rahmat Utama Trowulan

Febriani, Rizki (2010) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Karyawan di PT Ittihad Rahmat Utama Trowulan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan situasional secara simultan dan parsial serta pengaruhnya terhadap kinerja karyawan dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan diantara kedua variabel bebas tersebut. Penelitian dilakukan di PT Ittihad Rahmat Utama. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proporsional Sampling. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan borongan PT Ittihad Rahmat Utama yang meliputi bagian giling, gunting, pack dan bandrol. Sampel yang diambil secara proporsional di setiap bagiannya. Jumlah responden yang diperoleh sebanyak 95 orang. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis (uji t dan uji F) dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian secara simultan, menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan situasional berpengaruh signifikan terhadap kierja karyawan ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 101,22 signifikan pada tingkat signifikansi 0,000. Sementara itu, hasil pengujian secara parsial, menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja maupun gaya kepemimpinan situasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan adalah variabel gaya kepemimpinan situasional dengan nilai koefisien regresi standardized terbesar yaitu 0,606.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.409 2/FEB/p/041003693
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2010 13:03
Last Modified: 27 Dec 2010 13:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159702
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item