Putri, AyuKemala (2014) Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar BEI). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan menguji ukuran perusahaan dan jumlah dewan komisaris sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2012 yang berjumlah 131 perusahaan. Penentuan sampel digunakan dengan metode purposive sampling dengen pendekatan Judgment Sampling dengan jumlah sampel yang diamati sebanyak 79 perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan MRA ( moderated regression analysis ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai perusahaan tidak dipengaruhi oleh Corporate social responsibility . Nilai perusahaan akan dipengaruhi oleh corporate social responsibility dengan dimoderasi oleh ukuran perusahaan dan jumlah dewan komisaris. Dalam mempraktikan Corporate Social Responsibility , perusahaan sebaiknya tidak hanya sekedar untuk kepentingan public relations, citra korporasi atau reputasi dan kepentingan perusahaan untuk mendongkrak nilai perusahaan di bursa saham tetapi perlu adanya keselarasan implementasi dari substansi kesejahteraan sosial dan pelestarian lingkungan sehingga dalam jangka panjang akan memberikan nilai bagi perusahaan. Selain itu, perlu menyeimbangkan antara jumlah dewan komisaris dan manajemen, hal ini dilakukan agar efektif menjalankan fungsinya dalam hal komunikasi, koordinasi serta pembuatan keputusan berkaitan dengan corporate social responsibility.
English Abstract
This study aimed to analyze effect of CSR on firm value by examining size of company and number of commissioners as a moderating variable. population in this study is a manufacturing company that went public in Indonesia Stock Exchange for year 2012 totaling 131 companies. samples used purposive sampling approach dengen Judgment Sampling number of observed samples as much as 79 companies. Analysis of data in this study using MRA (moderated regression analysis). results showed that value of company was not influenced by corporate social responsibility. value of company will be affected by corporate social responsibility to be moderated by firm size and number of commissioners. In practice of Corporate Social Responsibility, company should not just for sake of public relations, corporate image or reputation and interests of company to boost companys value on stock market but need for alignment of substance implementation of social welfare and environmental protection so that in long run will provide value to company. In addition, need to balance between number of commissioners and management, this is done in order to effectively carry out its functions in terms of communication, coordination and decision-making related to corporate social responsibility.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.408/PUT/p/041406869 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 21:41 |
Last Modified: | 13 Oct 2014 21:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159684 |
Actions (login required)
View Item |