Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan

Prakoso, RizkiYudi (2012) Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntansi sosial dengan konsep triple bottom lines telah mengubah paradigma perusahaan dalam merespon kepentingan stakeholder . Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari strategi perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup usaha dan meningkatkan nilai perusahaan telah menjadi perhatian penting bagi pihak stakeholder . Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, profile perusahaan, proporsi jumlah komisaris independen, dan leverage ) terhadap luas pengungkapan CSR dan dampaknya terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian merupakan 51 perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010 dan didapatkan dengan metode judgment sampling . Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan profile perusahaan berpengaruh terhadap luas pengungkapan CSR dan nilai perusahaan. Hasil analisis jalur juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung dari ukuran perusahaan, profitabilitas, dan profile perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui luas pengungkapan CSR.

English Abstract

Social accounting with triple bottom lines concept has changed firm`s paradigm in responding stakeholder`s interest. Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure as a part of firm strategy to maintain ir viability and maximize firm value has became an attention to stakeholders. aim of this research is to examine effect of firm characteristics (firm size, profitability, firm profile, independent commissioner board, and leverage) on CSR disclosure index and its impact to firm value. type of this study is quantitative study. samples of this research consists of 51 firms, which are listed on Indonesia Stock Exchange (IDX) at 2010 and use judgment sampling method in sample determining method. technique for examining hypo sis is path analysis. results of analysis n showed that firm size, profitability, and firm profile have direct effect to CSR disclosure index and firm value. result of path analysis showed indirect effect from firm size, profitability, and firm profile to firm value by CSR disclosure index.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/PRA/p/041201495
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 01 Aug 2012 09:52
Last Modified: 01 Aug 2012 09:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159683
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item