Pengaruh Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Bidhari, SandhikaCipta (2013) Pengaruh Pengungkapan Informasi Tanggung Jawab Sosial terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan pada Industri Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh pengungkapan informasi tanggung jawab sosial terhadap kinerja keuangan pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, pengaruh pengungkapan informasi tanggung jawab sosial terhadap nilai perusahaan pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan pada industri perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan positivism. Objek penelitian 15 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berdasarkan kriteria populasi dengan periode pengamatan 2008-2011. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan tahunan dan laporan keuangan. Analisis data menggunakan Analisis Jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan informasi tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap semua ukuran kinerja keuangan Return on Assets (ROA) , Return on Equity (ROE) , dan Return on Sales ( ROS), pengungkapan informasi tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin`s Q , ukuran kinerja keuangan ROA dan ROE berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin`s Q tetapi ukuran kinerja keuangan ROS tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin`s Q . Implikasi hasil penelitian ini adalah perusahaan perbankan perlu untuk terus meningkatkan kualitas tanggung jawab sosialnya baik dari sisi pelaksanaan dan pengungkapan informasinya. Peningkatan kualitas tersebut memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk meningkatkan keuntungannya terutama dari sisi finansial. Tanggung jawab sosial merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan jika dilakukan secara konsisten. Tanggung jawab sosial perusahaan dapat digunakan untuk mengatasi konflik kepentingan diantara stakeholder sehingga nilai perusahaan akan berinteraksi secara positif. Kinerja keuangan yang baik menunjukkan nilai perusahaan yang baik pula.

English Abstract

This study aims to analyze and explaining effect of corporate social responsibility information disclosure on financial performance and firm value in banking industry listed at Indonesia Stock Exchange, effect of corporate social responsibility information disclosure on firm value in banking industry listed at Indonesia Stock Exchange, and effect of financial performance on firm value banking industry listed at Indonesia Stock Exchange. This study uses quantitative methods with positivism approach. Research objects were 15 banking companies listed at Indonesia Stock Exchange based on population criteria with observation period 2008-2011. This study uses secondary data derived from annual reports and financial statements. Data analysis used was Path Analysis. Research results show corporate social responsibility information disclosure affects on all financial performance measurement namely Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE) and Return on Sales (ROS). Corporate social responsibility information disclosure affect on firm value that measured by Tobins Q. Financial performance that measured by ROA and ROE affect on firm value that measured by Tobins Q, but size of financial performance (ROS) did not affect on firm value that measured by Tobins Q. This research implication was banking companies need to increase quality of corporate social responsibility, both from implementation and information disclosure. This quality improvement provides an opportunity for company to increase its profits primarily from financial side. Corporate social responsibility was a long-term investment that can give an advantage if done consistently. Corporate social responsibility can be used to address interest conflicts among stakeholders so firm value will interact positively. Good financial performance also demonstrates good firm value.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.408/BID/p/041305989
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Oct 2013 09:19
Last Modified: 03 Oct 2013 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159673
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item