Pengaruh Total Quality Manajement (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepuasan Kerja (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung).

Sari, DesyEkaKartika (2017) Pengaruh Total Quality Manajement (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Mediasi Kepuasan Kerja (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja karyawan dengan mediasi kepuasan kerja pada PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung. Pengembangan model penelitian dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis ulang baik pengaruh langsung antara Total Quality Management (TQM) terhadap kinerja karyawannya, maupun pengaruh tidak langsungnya melalui kepuasan kerja karyawan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan bagian produksi PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Pemilihan teknik ini didasarkan pada penyebaran anggota populasi yang tidak terlalu luas secara geografis dan karakteristik populasi yang cukup homogen, sehingga diperoleh total unit analisis sebanyak 152 responden. Model analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel adalah model struktural dengan pendekatan Partial Least Square (PLS),sedangkan perhitungan analisisnya menggunakan aplikasi software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi praktik TQM dapat meningkatkan baik kepuasan kerja karyawan maupun kinerja karyawan secara langsung. Kemudian kepuasan yang dirasakan karyawan juga dapat meningkatkan kinerja karyawan secara langsung. Hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa kepuasan kerja memberikan pera mediasi sebagian (partial mediation) pada pengaruh praktik TQM terhadap kinerja karyawan. Dari hasil keseluruhan penelitian memberikan implikasi bahwa kerjasama tim merupakan aspek yang paling penting dalam membangun hubungan baik diantara karyawan, sehingga dapat mendorong perasaan puas karyawan dan pada akhirnya meningkatkan kualitas kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.401 3/SAR/p/2017/041702327
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Apr 2017 14:43
Last Modified: 21 Apr 2017 14:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159625
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item