The Influence of Application of Total Quality Management towards Service Quality of Education (A Study Onvocational School (Smk) Negeri 2 Magetan)

Pradipta, Ratna (2016) The Influence of Application of Total Quality Management towards Service Quality of Education (A Study Onvocational School (Smk) Negeri 2 Magetan). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan adalah salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan kehidupan manusia. Sekolah-sekolah sebagai institusi penyedia pendidikan harus dapat menjamin upaya peningkatan kualitas melalui layanan pendidikan yang mampu menghadapi tantangan global. Dalam konsep manajemen kualitas total (TQM), peningkatan atau peningkatan berkelanjutan adalah apa yang harus dilakukan untuk memenuhi harapan pelanggan kami. Strategi yang dikembangkan dalam menerapkan manajemen kualitas total dalam pendidikan adalah lembaga pendidikan yang diposisikan sendiri sebagai lembaga jasa atau pada kata-kata industri layanan. Di Indonesia, layanan pendidikan diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, yaitu sekolah. Sekolah harus menyoroti karakteristik spesifik di M adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). SMK Negeri 2 Magetan Institusi pendidikan dan pelatihan kejuruan menengah berkomitmen untuk memberikan kompetensi pribadi dan mahasiswa pascasarjana yang melekat sehingga menghasilkan pekerja terampil tingkat menengah yang siap bekerja, wiraswasta atau melanjutkan pendidikan tinggi melalui perbaikan terus menerus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memenuhi persyaratan peraturan. SMKN 2 Magetan sangat menyadari perubahan itu, penyesuaian dan reformasi yang dilakukan harus fokus pada membangun pendidikan dan kualitas yang baik. Upaya untuk mengelola sekolah yang direalisasikan dengan penerapan manajemen kualitas total untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di SMKN 2 Magetan dengan memperoleh sertifikasi ISO 9001: 2008 pada tahun 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan tingkat pengaruh aplikasi total simultan Manajemen menuju kualitas layanan pendidikan di SMKN 2 Magetan. Selain itu, untuk memeriksa dan menjelaskan tingkat pengaruh fokus pada pelanggan, obsesi dengan kualitas, kerja tim dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan dalam penerapan manajemen kualitas total terhadap kualitas layanan pendidikan di SMKN 2 Magetan. Dan yang terakhir adalah memeriksa dan menjelaskan variabel dominan dari total manajemen kualitas yang mempengaruhi kualitas layanan pendidikan di SMKN 2 Magetan. Teknik penjelasan dalam metode survei desain penelitian digunakan untuk penelitian. Kuisioner adalah metode utama untuk mengumpulkan data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel dan analisis acak sederhana yang digunakan analisis regresi linier berganda dengan metode mundur. Hasil analisis regresi linier berganda dengan metode backward menunjukkan: fokus pada pelanggan, obsesi dengan kualitas, kerja tim dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan memiliki pengaruh signifikan Altoge R menuju kualitas layanan pendidikan. Berfokus pada pelanggan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas layanan pendidikan. Obsesi dengan kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan pendidikan. Kerja tim memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan pendidikan. Keterlibatan dan pemberdayaan karyawan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas layanan pendidikan.

English Abstract

Education is one of most important factors in improving lives of human beings. Schools as institutions of education providers must be able to guarantee quality improvement efforts through educational services that are able to face global challenges. In concept of Total Quality Management (TQM), improvement or continuous improvement is what must be done to fulfill our customers expectations. strategy which is developed in applying Total Quality Management in education is an educational institution positions itself as services institution or in o r words a service industry. In Indonesia, educational services are organized by education institution, which is school. Schools should highlight specific characteristics in m are vocational high school (SMK). SMK Negeri 2 Magetan an educational institution and Intermediate Vocational Training is committed to providing inherent personal competence and graduate students so as to produce a mid-level skilled workers who are ready to work, self-employed or continuing to higher education through continuous improvement in order to improve satisfaction customers and meet regulatory requirements. SMKN 2 Magetan very aware of that change, adjustment and reforms undertaken should focus on building a good education and quality. Efforts to manage school realized by application of Total Quality Management to improve quality of educational services in SMKN 2 Magetan by obtaining ISO 9001:2008 certification in 2009. aims of this research are to examine and to explain extent of influence of simultaneous application of Total Quality Management towards quality of educational services at SMKN 2 Magetan. Besides, to examine and to explain extent of influence of focusing on customer, obsession with quality, teamwork and involvement and empowerment of employees in application of Total Quality Management towards quality of educational services at SMKN 2 Magetan. And last is to examine and to explain dominant variable of Total Quality Management influencing towards quality of educational services at SMKN 2 Magetan. explanatory technique under survey method of research design was used for research. Questionnaire is main method to collect data. sampling technique used is simple random sampling and analysis used multiple linear regression analysis with backward method. result of multiple linier regression analysis with backward method shows: focusing on customer, obsession with quality, teamwork and involvement and empowerment of employees have a significant influence altoge r towards quality of educational services. Focusing on customer does not have a significant influence towards quality of educational services. Obsession with quality has a positive and significant influence towards quality of educational services. Teamwork has a positive and significant influence towards quality of educational services. Involvement and empowerment of employees does not have a significant influence towards quality of educational services.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.401 3/PRA/t/2016/041611300
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Feb 2017 09:23
Last Modified: 02 Feb 2017 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159621
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item