Lava, AlbertSteinadoEndra (2011) Pengaruh Strategi Resource-Based dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage) pada Usaha Oleh-Oleh Makanan Khas Kota Probolinggo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh langsung strategi resource-based terhadap orientasi kewirausahaan, pengaruh langsung orientasi kewirausahaan, pengaruh langsung strategi resource-based terhadap keunggulan bersaing ( competitive advantage ) dan mediasi orientasi kewirausahaan pada pengaruh strategi resource-based terhadap keunggulan bersaing ( competitive advantage ) pada usaha oleh-oleh makanan khas Kota Probolinggo. Penelitian ini adalah penelitian penjelasan ( exsplanatory ). Pendekatan dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif, model penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan instrument kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 264 unit, penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling atau penentuan sampel secara tidak acak dengan metode judgement sampling . Metode analisis data adalah analisis kuantitatif, secara teknis dilakukan menggunakan, metode statistik inferensial. Model analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analisis) dengan menggunakan bantuan perangkat lunak komputer (software) program SPSS ( Statistical Package for Social Science ) . Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi resource-based berpengaruh positif secara langsung terhadap orientasi kewirausahaan. Orientasi kewirausahaan berpengaruh positif secara langsung terhadap keunggulan bersaing ( competitive advantage ). strategi resource-based secara langsung terhadap keunggulan bersaing ( competitive advantage ). Hasil penelitian ini juga membuktikan adanya pengaruh tidak langsung antara startegi resource-based terhadap daya saing usaha oleh-oleh makanan khas Kota Probolinggo dimediasi oleh orientasi kewirausahaan.
English Abstract
Research is aimed at examining direct effect of resource-based strategy on entrepreneurial orientation, entrepreneurial orientation and resource-based strategy on competitive advantage, and mediation of entrepreneurial orientation in effect of resource-based strategy on competitive advantage, in food gift works in Probolinggo City. Research type is explanatory. approach is quantitative. Research model is a survey with questionnaire as instrument. population of research is 264 units. Sampling technique is non-probability sampling, in which judgment sampling method is used to avoid random sample determination. Data analysis method is quantitative analysis, but for technical matters, it uses inferential statistic method. analysis model is path analysis, supported by software program of SPSS (Statistical Package for Social Science). Result of research indicates that resource-based strategy has direct positive effect on entrepreneurial orientation. entrepreneurial orientation has direct positive effect on competitive advantage, while resource-based strategy has direct effect on competitive advantage. se results only clarify indirect effect of resource-based strategy on competitive advantage of food gift works in Probolinggo City, as mediated by entrepreneurial orientation.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.401 2/LAV/p/041102401 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 13 Oct 2011 11:20 |
Last Modified: | 13 Oct 2011 11:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159608 |
Actions (login required)
View Item |