Konsep Strategi Pengembangan Lemjiantek/STTAD melalui Perspektif Learn and Growth Menggunakan Metode AHP dan SWOT (AWOTS) (Studi Kasus Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat)

Kurniawan, Faris (2012) Konsep Strategi Pengembangan Lemjiantek/STTAD melalui Perspektif Learn and Growth Menggunakan Metode AHP dan SWOT (AWOTS) (Studi Kasus Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Darat). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan teknologi di lingkungan TNI AD adalah upaya penyiapan sumber daya manusia yang harus disiapkan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD dengan organisasi yang profesional, efektif; efisien dan modern. Dalam mencapai tujuan tersebut Lemjiantek Kodiklat TNI AD harus mampu memberikan konstribusi nyata dengan menjadi pusat sumber ilmu pengetahuan dasar ( Basic Science ) dan pusat unggulan teknologi militer matra darat (Centre of Excellence Army Technology). Perkembangan teknologi pertahanan sudah begitu cepatnya tetapi teknologi pertahanan yang digunakan atau dimiliki TNI sangat jauh ketinggalan, dan hal tersebut juga berdampak pada perkembangan Lemjiantek/STTAD sebagai salah satu organisasi TNI AD. Pada tahun 2009 Dadang Danuardi melakukan penelitian terhadap konsep strategi menyiapkan kader-kader tenaga ahli/terampil yang mampu ikut mengembangkan alat utama sistem pertahanan pada Lemjiantek/STTAD Kodiklat TNI AD. Pada penelitian tersebut organisasi Lemjiantek/STTAD sebagai organisasi militer diasumsikan sebagai lembaga pendidikan yang berada di bawah TNI AD disusun dalam sebuah manajemen sesuai dengan teori BSC. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa perspektif Learn and Growth di Lemjiantek/STTAD merupakan prioritas utama yang perlu diperhatikan guna mencapai hasil peserta didik yang optimal dan memiliki kemampuan dalam menyiapkan kader-kader tenaga ahli yang mampu ikut mengembangkan alat utama sistem pertahanan. Dalam penelitian ini difokuskan pada proses pengembangan pengembangan Lemjiantek/STTAD pada aspek Learn and Growth dihubungkan dengan 10 Komponen Pendidikan yang ada di Lingkungan TNI AD menggunakan metode AHP dan SWOT sebagai lembaga pendidikan Ilpengtek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek Learn and Growth yang ada di Lemjiantek/STTAD adalah Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Alat Intruksi/Alat Penolong Intruksi dan Fasilitas Pendidikan. Komponen Pendidikan yang merupakan prioritas penanganan terletak pada Komponen Tenaga Pendidik sebesar 51,37% dan unit pendidikan prioritas adalah Kualifikasi Gelar Tenaga Pendidik. Selanjutnya didapatkan konsep strategi pengembangan yang sesuai bagi Lemjiantek/STTAD adalah melaksanakan Strategi Agresif dengan langkah konkrit sesuai matriks SO yang menggunakan kekuatan internal lembaga untuk memanfaatkan peluang yang dimiliki.

English Abstract

Education in Indonesian Army, especially related to technological education aims to prepare an army human resources to be able to support implementation of main role of Indonesian Army as a professional, effective, efficient and modern organization. In order to achieve gold, Lemjiantek as an organization under Kodiklat TNI AD was assigned to carry out tasks. refore, lemjiantek must be able to provide premium contribution and became a sources of basic science in army technology. Development of defence technology in world is growing faster, refore Indonesian Army should be able to impact with development through its organization i.e Lemjiantek. Dadang danuardi in 2009 doing research on concept of strategy to prepare cadres of experts/skilled are able to co-developed primary means of defense systems in Lemjiantek/STTAD Kodiklat Army. In se studies organization Lemjiantek/STTAD as a military organization is assumed as an educational institution under Army organized into a ory of management in accordance with BSC. Based on result showed that perspective of Learn and Growth in Lemjiantek/STTAD is a priority that need attention in order to achieve optimal outcomes and learners have ability to prepare a cadre of experts who are capable of co-developed primary means of defense systems. This resarch focuses on development of Lemjiantek/STTAD at Learn and Growth aspects. re aspects will be related to 10 components of education that are used by Indonesian army. This research utilities combination of AHP and SWOT methods to far r analyze relationship. Result of this research sources that Learn and Growth aspects in Lemjiantek/STTD include : 1. Lecture. 2. Staff. 3. Education tools. 4. Physical facilities. biggest priority is 51.37 % for Lectures especially on ir qualification. Fatrher more this research finds concepts of strategy development that fits to Lemjiantek/STTAD. strategy is “Agresif strategy” derived from strength opportunities matrix. This strategy main to utilize strength to get opportunities.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.401 2/KUR/k/041201496
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 01 Aug 2012 10:41
Last Modified: 01 Aug 2012 10:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159607
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item