Studi Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja dalam Organisasi Berbasis Komunitas (Analisis Deskriptif Budaya dan Motivasi dalam Komunitas Sulap Magician World Society)

Wibowo, AdityaAulia (2011) Studi Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja dalam Organisasi Berbasis Komunitas (Analisis Deskriptif Budaya dan Motivasi dalam Komunitas Sulap Magician World Society). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya organisasi merupakan integrasi dari nilai-nilai ( values ) yang diyakini dapat menghasilkan organisasi yang efektif dan tercermin dari perilaku pengurus dan para karyawannya. Motivasi merupakan unsur penting dalam diri manusia yang berperan mewujudkan keberhasilan dalam usaha atau pekerjaan manusia. Organisasi berbasis komunitas pun semakin banyak di Indonesia, salah satunya komunitas sulap. Magician World Society mempunyai sistem organisasi yang terorganisir dan luas dengan berbagai kultur berada di dalamnya. Komunitas ini harus dapat menunjukkan budaya organisasi apa yang ada di dalamnya dan juga menunjukkan bagaimana komunitas ini memacu motivasi kerja para anggotanya agar dapat berkembang menjadi sebuah komunitas yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana anggota Magician World Society menyamakan persepsi dalam menjalankan kegiatan berdasarkan visi misi. Mengetahui bagaimana budaya organisasi yang tercipta di dalam komunitas ini. Mengetahui bagaimana anggota Magician World Society menciptakan sebuah iklim kerja yang kondusif dalam tujuannya menciptakan motivasi kerja. Mengetahui apa yang dihasilkan atau diciptakan oleh Magician World Society. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi riset kualitatif deskriptif dengan pendekatan Etnografi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Magician World Society region Malang sedikit berbeda dengan MWS region lain dalam hal budaya organisasi. Teori motivasi yang relevan dengan komunitas ini adalah teori yang menyatakan bahwa membangun sebuah motivasi harus dari dalam dan luar prinsip komunitas agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Kemudian sebagai komunitas sulap yang cukup besar di Indonesia, tentu saja MWS telah menghasilkan sesuatu yang berguna bagi komunitas itu sendiri atau penikmat sulap lain di Indonesia. Kesimpulannya dan saran dari penelitian ini adalah setiap komunitas akan menemukan berbagai keunikan di dalamnya, budaya organisasi yang tercipta serta bagaimana orang-orang di dalamnya menyatukan berbagai macam latar belakang berdasarkan visi dan misi organisasi akan menghasilkan sebuah komunitas yang solid. Pengembangan diri serta menjaga etika adalah hal yang dapat dilakukan oleh para pesulap di Malang khususnya dan Indonesia umumnya.

English Abstract

Organizational culture is an integration of values which is believed to result in effective organization and reflected from behavior of managers and ir employees. Motivation is an essential element in human beings that play a role in realizing success of business or work. re will always more and more community-based organizations will increase in Indonesia, and magic community it is one of m. Magician World Society has an organized system of organizations with different cultures inside. This community should be able to show what organizational culture is in it and also show how se communities can push member`s motivation to develop into a great community. purpose of this study was to determine how members of Magician World Society`s perception in running activities based on vision and mission. Knowing how organizational culture created in this community. Knowing how members of World Society Magician creates a work climate that is conducive in its aim to create motivation to work. Knowing what is produced or created by Magician World Society. research method used was descriptive qualitative research methodology ethnography approach. results of this study found that Magician World Society Malang region slightly different from MWS o r regions in terms of organizational culture. ory of motivation that are relevant to this community is a ory which states that building should be a motivation from within and outside community principles in order to achieve desired goal. n as magic community is quite large in Indonesia, of course, MWS has produced something useful for community itself or o r magic lovers in Indonesia. In conclusion and suggestion of this research is that every community will find a variety of uniqueness in it, organizational culture that is created and how people in it brings toge r a wide range of backgrounds based on vision and mission of organization will produce a solid community. Self-development and maintaining ethics is something that can be done by magicians in Malang, Indonesia in particular and general.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/WIB/s/041105108
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 08 Dec 2011 12:15
Last Modified: 08 Dec 2011 12:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159591
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item