Pengaruh Corporate Governance Terhadap Firm Value Melalui Mediasi Capital Structure Dan Financial Performance (Studi Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei)

Septianto, Reza (2016) Pengaruh Corporate Governance Terhadap Firm Value Melalui Mediasi Capital Structure Dan Financial Performance (Studi Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bei). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran mediasi capital structure dalam pengaruh corporate governance terhadap firm value serta menganalisis peran mediasi financial performance dalam pengaruh corporate governance terhadap firm value. Penulis meneliti perusahaan jasa sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 15 perusahaan jasa sub sektor property dan real astate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah mempublikasikan laporan keuangan dan di audit oleh akuntan independent serta perusahaan yang telah menerapkan Corporate Governance. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) variabel corporate governance tidak berpengaruh terhadap capital structure, (2) variabel corporate governance berpengaruh signifikan terhadap financial performance, (3) variabel corporate governance tidak berpengaruh terhadap firm value, (4) variabel capital structure tidak terbukti memediasi pengaruh corporate governance terhadap firm value, (5) variabel financial performance terbukti memediasi pengaruh corporate governance terhadap firm value. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat disampaikan adalah manajemen disarankan untuk meningkatkan perbaikan pada sistem penggunaan corporate governance, karena perbaikan pada kualitas penerapan corporate governance akan berdampak pada kredibilitas perusahaan. Dalam penelitian ini capital structure tidak terbukti memediasi corporate governance terhadap firm value. Sehubungan dengan hal itu, maka dari penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan penelitian lain untuk menemukan bukti empiris secara langsung atau tidak langsung mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi investor dalam melakukan investasi pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.4/SEP/p/2016/041606107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Dec 2016 12:38
Last Modified: 29 Mar 2022 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159586
[thumbnail of REZA SEPTIANTO.pdf]
Preview
Text
REZA SEPTIANTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item