Asmoro, PriandhitaSukowidyanti (2011) Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Informasi melalui Website dan Implikasinya terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Publik di Bursa Efek Indone. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate governance terhadap luas pengungkapan informasi melalui website perusahaan ( Internet Corporate Reporting ). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh luas pengungkapan Internet Corporate Reporting terhadap nilai perusahaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009 dengan jumlah sampel sebesar 225 perusahaan. Penentuan sampel dilakukan secara nonrandom ( nonprobability sampling ) dengan metode purposive sampling . Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data antar ruang ( cross sectional data ) karena penelitian ini hanya menggunakan periode pengamatan satu tahun, yaitu tahun 2009. Pengujian dan penganalisisan data dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahap dengan menggunakan Regresi Linear. Tahap pertama menggunakan analisis Regresi Berganda ( Multiple Regression Analysis ) untuk menguji hipotesis kesatu hingga hipotesis kesepuluh, yaitu menguji pengaruh karakteristik perusahaan dan corporate governance terhadap luas pengungkapan Internet Corporate Reporting . Tahap kedua menggunakan analisis Regresi Sederhana ( simple Regression Analysis ) untuk menguji hipotesis kesebelas, yaitu menguji pengaruh luas pengungkapan Internet Corporate Reporting terhadap nilai perusahaan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variasi luas pengungkapan informasi melalui website oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dipengaruhi beberapa faktor, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, likuiditas, reputasi auditor, konsentrasi industri, dan ukuran dewan komisaris. Sementara itu, umur perusahaan, jenis industri, dewan komisaris independen, dan ukuran komite audit tidak terbukti berpengaruh terhadap luas pengungkapan internet corporate reporting . Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa luas pengungkapan internet corporate reporting berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan meskipun pengaruh luas pengungkapan terhadap nilai perusahaan relatif kecil.
English Abstract
This study aims to examine and analyze influence of firm characteristics and corporate governance on extensive information disclosure through company website (Internet Corporate Reporting). In addition, this study also aims to examine and analyze influence of extensive disclosure of Internet Corporate Reporting on firm value. This study population is all firms listed on Indonesian Stock Exchange (IDX) in period 2009 with a total sample of 225 firms. Determination of samples performed in nonrandom (nonprobability sampling) with purposive sampling method. data used in this study is an interspace data (cross sectional data) because this study uses only one year observation period, that is 2009. data testing and analyzing in this study conducted in two stages by using Linear Regression. first stage uses Multiple Regression Analysis to test first hypo sis to tenth hypo sis, which examine influence of firm characteristics and corporate governance on extensive disclosure of Internet Internet Corporate Reporting. second stage uses a simple regression analysis to test eleventh hypo sis, which tested effect of extensive disclosure of Internet Corporate Reporting on firm value. results of hypo sis testing showed that wide variety of information disclosure through website by companies in Indonesia influenced by several factors, that is firm size, profitability, liquidity, reputation of auditor, industry concentration, and size of board of commissioners. Meanwhile, companys age, type of industry, an independent board and audit committee size does not affect extensive disclosure of Internet Corporate Reporting. results of hypo sis testing also showed that extensive disclosure of Internet Corporate Reporting has a positive effect on firm value although influence of extensive disclosure on firm value is relatively small.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.4/ASM/p/041105006 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 07 Dec 2011 10:58 |
Last Modified: | 07 Dec 2011 10:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159558 |
Actions (login required)
View Item |