Peran Mediasi Kinerja Keuangan Pada Pengaruh Kompensasi Manajemen dan Biaya Penelitian & Pengembangan Terhadap Nilai Perusahaan.

Aspirandi, Rendy Mirwan (2016) Peran Mediasi Kinerja Keuangan Pada Pengaruh Kompensasi Manajemen dan Biaya Penelitian & Pengembangan Terhadap Nilai Perusahaan. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh kompensasi manajemen dan biaya penelitian & pengembangan terhadap nilai perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga meneliti peran mediasi kinerja keuangan terhadap pengaruh kompensasi manajemen dan biaya penelitian & pengembangan terhadap nilai perusahaan. Teknik analisis menggunakan PLS (Partial Least Square). Populasi penelitian adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2014. Sampel dipilih menggunakan teknik penyampelan purposive sampling dengan metode judgment sampling. Data penelitian banyak mengandung outlier. Oleh karena itu, data ditransformasi untuk memaksimalkan jumlah data yang dapat digunakan dalam analisis. Hasilnya menunjukkan beberapa temuan. Pertama, peningkatan pada biaya penelitian & pengembangan juga akan meningkatkan nilai perusahaan Kedua, peningkatan pada kompensasi manajemen justru menurunkan nilai perusahaan. Ketiga, peningkatan pada kompensasi manajemen dan biaya penelitian & pengembangan tidak mampu meningkatkan kinerja keuangan yang selanjutnya tidak dapat meningkatkan nilai perusahaan. Sesuai dengan ory of Wages bahwa tingkat kompensasi telah ditentukan oleh keadaan pasar tenaga kerja. Tingkat kompensasi yang meningkat tidak dapat meningkatkan kinerja keuangan dan justru menurunkan nilai perusahaan. Selain itu, biaya penelitian & pengembangan membutuhkan waktu yang panjang untuk dapat memperlihatkan hasilnya. Oleh karena itu, biaya penelitian & pengembangan tidak dapat meningkatkan kinerja keuangan yang lebih bersifat jangka pendek.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.32/ASP/p/2016/041612162
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Feb 2017 14:34
Last Modified: 29 Mar 2022 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159546
[thumbnail of Rendy Mirwan Aspirandi.pdf]
Preview
Text
Rendy Mirwan Aspirandi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item