Implikasi Akuisisi PT. Bentoel International Investama Tbk oleh British American Tobacco terhadap Volume Penjualan, Pangsa Pasar, dan Ukuran Distribusi Produk

Purwitasari, RrRiza (2011) Implikasi Akuisisi PT. Bentoel International Investama Tbk oleh British American Tobacco terhadap Volume Penjualan, Pangsa Pasar, dan Ukuran Distribusi Produk. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang tujuan dan proses implementasi akuisisi yang terjadi di PT. Bentoel International Investama Tbk serta menganalisis implikasi akuisisi dari sisi pemasaran yaitu volume penjualan, pangsa pasar, dan ukuran distribusi. Teknik kualitatif Fenomenologi digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan proposisi utama. Temuan penelitian ini antara lain: tujuan strategis dari proses akuisisi PT. Bentoel adalah untuk melakukan ekspansi pasar serta market penetration , masa transisi berjalan lamban karena adanya penyesuaian budaya organisasi, tidak ada perubahan main business process . Selanjutnya, berdasarkan data internal PT. Bentoel diketahui bahwa terdapat peningkatan volume penjualan, pangsa pasar dan distribusi pasca akuisisi. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya perubahan sistem dan kebijakan kegiatan penjualan, distribusi, dan promosi, peningkatan kompetensi serta gaya manajemen yang lebih transparan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kunci sukses dari proses akuisisi adalah penetapan tujuan strategis yang jelas dari awal, proses implementasi yang mengutamakan keterbukaan antar manajemen dengan level fungsional, serta pengembangan dan inovasi yang terkait dengan sistem penjualan, pendistribusian dan kegiatan promosi.

English Abstract

This study analyzed purpose, implementation process, and implications of PT. Bentoel International Investama`s acquisition. Phenomenology techniques used to get main proposition. findings of this study include: strategic objectives of this acquisition is to expand market and market penetration, transition was slow due to organizational culture adjustment, re is no change in main business process. Fur rmore, based on internal data PT. Bentoel known that re is an increase in sales volume, market share and distribution of post-acquisition. This increase occurred because of sales, distribution, and promotion system and policy changes, competence enhancement and a more transparent management style. conclusion of this research is key to success of acquisition are a clear strategic goal setting from beginning, implementation process that promotes openness between management and functional levels, development and innovation of system of sales, distribution and promotional activities.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.162/PUR/i/041103189
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Oct 2011 11:36
Last Modified: 04 Oct 2011 11:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159421
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item