Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Deni, FebriantoFrans (2014) Analisis Variabel-Variabel yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Kesempatan Investasi berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2007 sampai 2011 yaitu sebanyak 203 perusahaan. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode kriteria populasi dan diperoleh sampel jenuh sebanyak 32 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas memiliki pengaruh positif sedangkan kepemilikan manajerial memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kebijakan dividen. Leverage memiliki pengaruh negatif sedangkan Kesempatan Investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang memiliki leverage yang tinggi akan menahan sebagian besar labanya untuk pelunasan utang dan atau mendanai proyek-proyek perusahaan selanjutnya sehingga perusahaan mampu menjaga keseimbangan struktur modalnya agar tetap optimal. Perusahaan manufaktur yang memiliki profitabilitas tinggi akan memberikan pembayaran dividen yang tinggi untuk memberikan signal bagi investor bahwa perusahaan meramalkan profitabilitas yang baik di masa mendatang.

English Abstract

purpose of this study is to find out how Managerial Ownership, Institutional Ownership, Leverage, Company Size, Profitability, and Investment Opportunity influence on Dividend Policy. population of this study is a manufacturing company that is listed on Indonesia Stock Exchange Period 2007 to 2011 as many as 203 companies. This research using method of population criteria and obtained saturation samples by 32 companies. data used are secondary data and methods of analysis is multiple regression analysis. result of this study indicate that Institutional Ownership, Firm Size and Profitability has a positive influence while Managerial Ownership has a negative but insignificant influence on dividend policy. Leverage has a negative influence while Investments Opportunity has a positive and significant influence on dividend policy. conclusion of this study is a manufacturing company that has a high leverage will hold most of its earnings to repay debt and or for fur r fund projects so company is able to maintain balance its capital structure in order to remain optimal. Manufacturing companies that have high profitability will provide a high dividend payments to give a signal to investors that company foresees good profitability in future.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.155/DEN/a/041406868
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 14 Oct 2014 10:05
Last Modified: 14 Oct 2014 10:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159402
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item