Analisis Strategi dalam Manajemen Biaya melalui Adaptasi Value Chain untuk Mengefisiensikan Beban Produksi dan Operasional guna Meningkatkan Laba pada PT. Kutai Timber Indonesia

Ariatri, VinaWahyu (2010) Analisis Strategi dalam Manajemen Biaya melalui Adaptasi Value Chain untuk Mengefisiensikan Beban Produksi dan Operasional guna Meningkatkan Laba pada PT. Kutai Timber Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis Value Chain memandang perusahaan sebagai salah satu bagian dari rantai nilai produk. Rantai nilai produk merupakan aktifitas yang berawal dari bahan mentah sampai dengan penanganan purna jual. Rantai nilai ini mencakup aktivitas yang terjadi karena hubungan dengan pemasok ( Supplier Linkages), dan hubungan dengan konsumen ( Consumer Linkages. Permasalahan yang dihadapi PT KTI selama periode penelitian adalah, adanya penurunan laba dan tidak efisiensinya persediaan perusahaan, yang ditunjukkan semua rasio profitabilitas (GPM, NPM, OPM) dan rasio aktivitas ITO selama periode penelitian, yang mengalami penurunan. Berdasarkan analisis value chain yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa aktivitas yang dilakukan PT. KTI tergolong dalam primary activities maupun support activity . Primary activities yang dikeluarkan meliputi inbound logistic , operational, outbound logistic dan marketing and sales . Sedangkan support activity yang dikeluarkan adalah technology development , human resource management dan firm infrastruktur . H asil analisis value chain menunjukkan bahwa sebagian besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan berada dalam aktivitas primary activities. Dari Alokasi biaya untuk primary activities dapat diketahui bahwa prosentase terbesar dikeluarkan untuk aktivitas operasional dan nilai yang terendah adalah aktivitas marketing an d sales . Alokasi biaya support activity yang terbesar adalah human resource management , diikuti technology development , dan nilai terendah dihasilkan firm infrastruktur . Efisiensi biaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan cost reduction . Cost reduction dapat dilakukan perusahaan dengan cara mengurangi biaya-biaya yang tergolong dalam non value added , yang tidak dapat dieliminasi, karena jika aktivitas tersebut tidak ada, maka proses produksi tidak dapat berjalan dengan baik. Dengan melakukan analisis value chain , perusahaan dapat melakukan efisiensi biaya melalui penelusuran aktivitas nilai. Dengan pengurangan biaya-biaya tersebut, margin laba menjadi lebih besar, atau dapat dikatakan tingkat bersaing perusahaan dapat ditingkatkan melalui penetapan strategi biaya menyeluruh.

English Abstract

Value chain analysis se company as one part of product value chain. Product value chain is an activity that starts with handling of raw materials to after sales. This value chain includes activities that occur because of relationships with suppliers (Supplier linkages), and relationships with consumers (Consumer linkages). Problem faced by PT. KTI during study period, decline in inventory efficiency gains and not company, which is shown all profitability ratios (GPM, NPM, OPM) and ratio of ITO activity throughout study period, which decreased. Based on analysis of value chain that has been done, we can note that activities carried out by PT. EI classified in primary activities or support activity. Primary activities include inbound logistics issued, operations, outbound logistics and marketing and sales. While support activity released is technology development, human resource management and firm infrastructure. Results of value chain analysis indicates that most of cost incurred by company are in primary activities. Allocation of costs to primary activities can be seen that largest percentage spent on operational activity and lowest value is marketing and sales activities. Allocation of support costs are largest activity is human resource management, followed by technology development, and infrastructure firm produced lowest value. Cost efficiencies that can be done is to cost reduction. Company`s cost reduction can be done by reducing costs of which belong to non-value added, which can not be eliminated, because if activity does not exist, n production process may not run properly. By analyzing value chain, companies can make cost efficiency through value of search activity. With reduction of se costs, a profit margin to be larger, or it can be said level of competing can be enhanced through establishment of a comprehensive cost strategy.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.155 2/ARI/a/041001739
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 07 Jan 2011 09:33
Last Modified: 07 Jan 2011 09:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159393
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item