Pengaruh Peluang Pertumbuhan, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bei)

Rachman, Rizky Andawasatya (2017) Pengaruh Peluang Pertumbuhan, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bei). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh peluang pertumbuhan, profitabilitas, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui penerapan struktur modal. Pengembangan model penelitian dilakukan dengan mengkaji dan menganalisis ulang baik pengaruh langsung pengaruh peluang pertumbuhan, profitabilitas, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, maupun pengaruh tidak langsung pengaruh peluang pertumbuhan, profitabilitas, ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan melalui penerapan struktur modal. Salmpel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Berdasarkan kriteria populasi yang ditetapkan, maka diperoleh jumlah populasi sebanyak 30. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus, dengan periode pengamatan selama lima tahun, sehingga total data unit yang diolah adaah sebanyak 150 unit. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel adalah analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan peluang pertumbuhan dan ukuran perusahaan dapat meningkatkan struktur modal, sedangan perbaikan profitabilitas dapat menurunkan stuktur modal. Perbaikan peluang pertumbuhan, profitabilitas, dan ukuran perusahaan dapat meningkatkan nilai perusahaan secara signifikan. Hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa struktur modal dapat memediasi hubungan profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, sedangkan tak dapat memediasi hubungan peluang pertumbuhan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.152/RAC/p/2016/041703002
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.152 Management of financial operations
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Apr 2017 16:12
Last Modified: 14 Jul 2022 07:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159377
[thumbnail of RIZKY ANDAWASATYA RACHMAN.pdf] Text
RIZKY ANDAWASATYA RACHMAN.pdf

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item