Setiyani, Fitri (2011) Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakuisisi dan Terakuisisi Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Memasuki era pasar bebas, persaingan usaha di antara perusahaan-perusahaan yang ada semakin ketat. Kondisi demikian menuntut perusahaan untuk selalu mengembangkan strategi perusahaan agar dapat bertahan atau bahkan lebih berkembang. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengembangkan suatu strategi agar perusahaan bisa mengembangkan eksistensinya dan memperbaiki kinerjanya. Strategi bersaing yang berusaha mengembangkan perusahaan sesuai dengan ukuran besaran yang disepakati untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan disebut strategi pertumbuhan. Strategi yang tepat dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perusahaan adalah dengan melakukan ekspansi baik itu internal maupun eksternal. Ekspansi internal dilakukan dengan menambah kapasitas produksi atau membangun divisi bisnis yang baru, sedangkan ekspansi eksternal dapat dilakukan dalam bentuk menggabungkan usaha, salah satunya adalah dengan melakukan akuisisi. Salah satu manfaat akuisisi adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan atau memaksimumkan kemakmuran pemegang saham. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi sesudah akuisisi akan lebih baik dibandingkan sebelum akuisisi, (2) untuk untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan terakuisisi sesudah akuisisi akan lebih baik dibandingkan sebelum akuisisi. Jenis penelitian eksplanatory digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan data laporan keuangan dan return saham perusahaan manufaktur yang melakukan akuisisi yang terdaftar di BEI dengan sampel sebanyak 6 perusahaan manufaktur yang melakukan akuisisi pada tahun 2006. Variabel penelitian yang diteliti meliputi rasio keuangan dan abnormal return saham pada perusahaan pengakuisisi dan terakuisisi. Metode analisis penelitian menggunakan analisis uji beda parametrik yaitu paired sample t – test untuk membandingkan kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi dan terakuisisi serta juga digunakan analisis event study yang menggunakan pendekatan abnormal return untuk menguji kandungan informasi selama periode jendela 45 hari (22 hari sebelum pengumuman, hari pengumuman dan 22 setelah pengumuman akuisisi). Hasil analisis uji beda dengan menggunakan paired sample t – test menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan pengakuisisi dan terakuisisi sesudah akuisisi belum menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan sesudah akuisisi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tujuan akuisisi bagi perusahaan yang melakukan akuisisi belum dapat tercapai dalam periode 3 tahun sesudah akuisisi dilakukan.
English Abstract
Free market age has triggered stricter work competition among companies. It is highly required for companies to create a company strategy to survive or to be more developed than counterparts. Indeed, this strategy is very important to empower company existence and to improve its performance. competing strategy based on predetermined size in order to achieve long-term goal is called as growth strategy. re are appropriate strategies of company growth improvement, including internal expansion and external expansion. Internal expansion is managed by adding production capacity or creating new business division. External expansion is realized by combining business, for instance through acquisition. benefit of acquisition is to improve company value or to maximize shareholder wealth. objective of research is: (1) to understand whe r financial performance of acquiring company after acquisition is better than before acquisition; (2) to acknowledge whe r financial performance of acquired company after acquisition is better than before acquisition. Research type is explanatory. Data include financial statement and share return statement of acquiring manufacturing companies listed at BEI. sample is 6 manufacturing companies with acquisition in 2006. Research variables are financial ratio and share abnormal return of acquiring and acquired companies. Method of research analysis uses parametric analysis of differential of test, that is paired sample t- test to compare financial performance of acquiring and acquired companies, and also uses analysis of event study which uses abnormal return approach to test information for 45 days (22 days before announcement, announcement day, and 22 days after acquisition announcement). Result of differential test analysis with paired sample t-test shows that financial performance of acquiring and acquired companies after acquisition is failed to show better result than before acquisition. It is also indicated that acquisition goal of acquiring companies is not achieved in 3-years period after acquisition.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.15/SET/a/041105227 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 14 Dec 2011 14:28 |
Last Modified: | 14 Dec 2011 14:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159357 |
Actions (login required)
View Item |