Pengaruh Perubahan Profitabilitas dan Financial Leverage terhadap Kapitalisasi Biaya Riset dan Pengembangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Mariadi, Yusli (2012) Pengaruh Perubahan Profitabilitas dan Financial Leverage terhadap Kapitalisasi Biaya Riset dan Pengembangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kapitalisasi biaya riset dan pengembangan (R&D) merupakan isu akuntansi yang banyak diperdebatkan karena adanya anggapan bahwa kapitalisasi dimotivasi oleh keinginan untuk memanipulasi laba. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) di Indonesia memperbolehkan kapitalisasi biaya riset dan pengembangan. Dengan menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2009-2011, penelitian ini menguji pengaruh dua motivasi manajemen laba yaitu perataan laba dan untuk menghindari pelanggaran kontrak utang terhadap keputusan perusahaan untuk mengkapitalisasi biaya riset dan pengembangan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kapitalisasi biaya riset dan pengembangan berpengaruh terhadap tingkat manajemen laba perusahaan. Dengan menggunakan regresi Tobit untuk menguji hipotesis pertama dan kedua serta regresi linier untuk menguji hipotesis ketiga, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan mengkapitalisasi biaya riset dan pengembangan untuk tujuan perataan laba dan menghindari risiko pelanggaran kontrak utang. Selain itu, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa kapitalisasi biaya riset dan pengembangan berpengaruh terhadap tingkat manajemen laba.

English Abstract

capitalization of research and development (R&D) costs is a controversial accounting issue because of contention that such capitalization is motivated by incentives to manipulate earnings. Indonesian Financial Accounting Standards (SAK) allows for capitalization of R&D costs. Based on a sample of manufacturing companies of Indonesia Stock Exchange from 2009 to 2011, this study examines whe r companies` decisions to capitalize R&D costs are affected by earnings-management motivations such as earnings smoothing and to avoid violating debt-covenant. In addition, this study aims to show that capitalization of R&D costs affects level of firms` earnings -management. Using a Tobit regression model to test first and second hypo ses and linear regression model to test third hypo ses, results show that companies do capitalize R&D costs for earnings-smoothing and reducing risk of violating debt-covenants purposes. In addition, results show that capitalization of R&D cost affects level of firms` earnings -management and it is a part of earnings management.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.15/MAR/p/041205679
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 03 Jan 2013 10:27
Last Modified: 03 Jan 2013 10:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159340
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item