[Re]Konstruksi Pendidikan Akuntansi di Tingkat Pendidikan Vokasi, Melalui Epistemologi 3ling

Ekasari, Kurnia (2012) [Re]Konstruksi Pendidikan Akuntansi di Tingkat Pendidikan Vokasi, Melalui Epistemologi 3ling. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk me[re]konstruksi pendidikan akuntansi di Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV). Alasan mengapa pendidikan akuntansi di TPV perlu di[re]konstruksi, karena pendidikan secara umum dan pendidikan akuntansi secara khusus, serta akuntansi itu sendiri sarat dengan nilai kapitalisme, materialisme, individualisme dan sekulerisme (KMIS). Sementara itu PTV didirikan untuk memenuhi kebutuhan industri akan tenaga kerja yang terampil, hal berarti bahwa pendidikan di PTV didirikan untuk memenuhi kebutuhan kapitalisme. Untuk menciptakan anak didik yang humanis dan berkarakter maka pendidikan akuntansi di PTV yang juga mencerminkan KMIS harus direduksi. Reduksi dilakukan dengan menginternalisasikan nilai-nilai lain yang digali dari penelitian ini, melalui unsur-unsur pendidikan yaitu tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, materi pendidikan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan epistemologi 3ling untuk me[re]konstruksi pendidikan akuntansi di PTV. Epistemologi ini digunakan untuk mengkonstruk pengetahuan yang didapatkan dari hasil pengamatan, penilaian, pengambilan keputusan, intepretasi pengalaman dan refleksi. Sementara 3ling digunakan sebagai metodologi ketika tiap elemen dari 3ling tersebut bekerja secara sendiri­ sendiri. Ngerti digunakan untuk menjustifikasi pemahaman keasadaran informan berdasarkan pengalaman mereka. Ngrasa digunakan untuk mencari o rs dari pendidikan akuntansi. Ngelakoni digunakan untuk menginternalisasi nilai­ nilai lain yang dihasilkan dari proses ngrasa.. Hasil [re]konstruksi menunjukkan bahwa tujuan pendidikan di PTV harus diubah, tidak hanya menjadikan peserta didik terampil di bidang akuntansi dan siap memasuki dunia kerja tetapi juga memasukkan unsur Etika Moral dan Spiritual (EMS) dalam pendidikan akuntansi. Ditinjau dari pendidik, pendidikan di PTV sebaiknya memahami filosofi pendidikan dan mengenalkan pengaruh dari ilmu akuntansi terhadap masyarakat dan lingkungan. Peserta didik juga sebaiknya diajarai untuk berfikir kritis sehingga tidak hanya menjadi orang yang pragmatis, tetapi juga reflektif, empirik dan futuristik. Dalam materi pendidikan akuntansi di PTV sebaiknya diinternalisasikan nilai-nilai EMS sehingga dapat mereduksi nilai-nilai KMIS. Pembelajaran sebaiknya menggabungkan antara metode Teaching Centered Learning, Student Centered Learning dan Problem Based Learning. Dapat disimpulkan bahwa EMS dapat diinternalisasikan dalam pendidikan akuntansi. Ke depan perlu disosialisasikan tentang pentingnya EMS ini bagi pendidikan akuntansi di PTV, sehingga EMS dapat diinternalisasikan dalam materi pendidikan akuntansi. Dalam jangka panjang penelitian ini dapat

English Abstract

aim of this study is to [re]construct accounting education in Higher Vocational Education (HVE). basic reason why accounting education in HVE should be [re]construct because education in general, accounting education in specific, and accounting itself consist of capitalism, materialism, individualism and secularism (CMIS) value. Meanwhile, HVE was established to meet needs of industry with highly skilled workforce, it means that education in HVE was established to meet needs of capitalism. To create humanize and characterize students CMIS values that embodied in accounting and accounting education shoud be reduced. By this accounting education should be internalize with o rs value that is explored in this research through elements of education that are: purpose of education, educators, learners, educational materials and learning. This study uses epistemology 3ling to [re]construct accounting education in PTV. 3ling as epistemology is used to [re]construct knowledge that gained from observation, assessment, decision making, interpretation of experience and reflection. 3ling used as a methodology when each element of 3ling work independently. Ngerti used to justify understanding of informants conciousness based on ir experience. Ngrasa used to find o rs value of accounting education. Ngelakoni used to internalize o rs value resulting from ngrasa process. [re]construction result shows that purpose of education in HVE should be changed. aim not only makes students skilled well in accounting, not only brings student to face work life but accounting education should build with Ethical, Moral and Spiritual (EMS). in accounting education. accounting educators in HVE should understand philosophy of education and introducing influence of accounting science on society and environment. students should also be teached to think critically, not only be a pragmatic, but also reflective, empirical and futuristic. accounting education in PTV should internalize EMS values that can reduce CMIS values. Learning should combine Teaching Centered Learning, Student Centered Learning and Problem Based Learning method It can be concluded that EMS can be internalized in accounting education. In future it need to socialize about importance of EMS in accounting education at PTV, thus EMS can be internalized in accounting education materials. In long run this research can be fur r developed not only for HVE, but also for non-vocational higher education.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657/EKA/r/061300014
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 May 2014 11:23
Last Modified: 21 May 2014 11:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159275
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item