Institusionalisasi Sistem INA-CBGs (Indonesia Case Based Groups), Strategi Efektivitas dan Efisiensi Organisasi: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar.

Clarias, Citrus (2017) Institusionalisasi Sistem INA-CBGs (Indonesia Case Based Groups), Strategi Efektivitas dan Efisiensi Organisasi: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi kasus interpretatif dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui tentang institusionalisasi sistem INA-CBGs serta strategi efektivitas dan efisiensi di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Safiul Anwar Malang (RSSA). Sejak tahun 2014 pemerintah telah memperkenalkan sistem INA-CBGs sebagai metode pembayaran klaim pada fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Teori Institusional yang dikenalkan oleh Dimaggio dan Powell (1991) digunakan untuk memahami bagaimana sistem INA-CBGs telah dilembagakan dalam RSSA dengan secara teknik maupun kebijakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem INA-CBGs secara cepat dalam jangka waktu yang relatif singkat hanya berhasil melembagakan sistem yang baru melalui persetujuan dan kompromi. Institusionalisasi sistem INA-CBGs di RSSA lebih ke arah peningkatan legitimasi sebagai rumah sakit pemerintah. Namun demikian, peningkatan pendapatan dan jumlah pasien JKN, tampaknya menjadi faktor yang signifikan untuk melembagakan sistem baru dalam strategi pelayanan mereka daripada untuk peningkatan mutu pelayanan dan efisiensi biaya. Strategi efektivitas dan efisiensi manajemen RSSA yang belum optimal membuat sistem INA-CBGs belum mampu membuat rumah sakit menjadi efektif dan efisien dalam melayani pasien. Pada akhirnya sistem INA-CBGs justru menjadi alat bagi rumah sakit pemerintah dalam memenuhi target pendapatan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat serta mengurangi pelayanan pada pasien.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.832 2/KLA/i/2017/041703676
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 May 2017 10:26
Last Modified: 12 May 2017 10:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159252
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item