Analisis penerapan akuntansi sosial dan lingkungan pada Gold Taxi : Studi kasus pada PT Uni Ratna Gading Mandala Sidoarjo.

Nawirah (2010) Analisis penerapan akuntansi sosial dan lingkungan pada Gold Taxi : Studi kasus pada PT Uni Ratna Gading Mandala Sidoarjo. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntansi sosial merupakan suatu hasil dari upaya mengakomodasi kebutuhan perusahaan dalam melakukan pertanggungjawaban sosial kepada masyarakat. Dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya, perusahaan tidak hanya mempunyai visi dan misi yang baik atau sekedar mencari keuntungan, melainkan perusahaan juga harus memperhatikan aspek keuangan, aspek sosial, dan aspek lingkungan. Adapun objek penelitian yang diambil adalah PT Uni Ratna Gading Mandala merupakan perusahaan taksi yang mengoperasikan Gold Taxi di Surabaya. Aksi protes terhadap perusahaan sering dilakukan oleh para pengemudi dalam rangka menuntut bagi hasil dan kebijakan perusahaan tentang kemitraan dengan pengem di yang dirasakan kurang mencerminkan keadilan. Aksi yang serupa juga tidak jarang dilakukan oleh pihak masyarakat, yaitu masyarakat di lingkungan sekitar. Protes yang dilakukan masyarakat di sekitar pool taksi biasanya berkaitan dengan lalu lalang taksi dan kebisingan ulah para pengemudi. Deskripsi-deskripsi ini menunjukkan adanya ketidakselarasan sosial antara perusahaan dan masyarakat. Banyak keluhan telah dilontarkan kepada perusahaan dan perusahaan dituntut untuk lebih memperhatikan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan akuntansi sosial dan lingkungan pada Gold Taxi. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana perusahaan telah menjalankan program-program yang berhubungan dengan akuntansi sosial dan lingkungan serta memeberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.8/NAW/a/041100197
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Feb 2011 11:36
Last Modified: 14 Feb 2011 11:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159251
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item