Kompensasi Bonus Dan Manajemen Laba Dalam Pandangan Manajemen Bank Syariah: Analisis Truth And Method Gadamer.

Zalshabila, Shavira (2016) Kompensasi Bonus Dan Manajemen Laba Dalam Pandangan Manajemen Bank Syariah: Analisis Truth And Method Gadamer. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memahami pandangan manajemen Bank Syariah mengenai praktek manajemen laba dalam konteks kompensasi bonus dan interaksi agama terhadap pandangan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara act of dialogue terhadap manajer dan asisten manajer pada Bank Muamalat. Analisis data menggunakan hermenetika Gadamer berupa fusion of horizon atas hasil wawancara diikui oleh hermeneutic circle untuk mencapai cycle of interpretation dan suatu pandangan baru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompensasi bonus merupakan hak manajemen karena didapatkan melalui pengabdian diri dan dengan mengedepankan stakeholders. Manajemen laba dipandang sebagai sesuatu yang tidak etis, karena merupakan bentuk pengambilan hak stakeholders tersebut. Pandangan ini terbentuk dari adanya internalisasi agama dan munculnya altruistic love. Nilai altruistic love ini yang membentuk pandangan atas kompensasi bonus dan manajemen laba, sehingga manajemen melihat agama bukan sekedar simbol dalam bank syariah, melainkan sebagai jalan hidup. Akhirnya, internalisasi ini memunculkan kesadaran spiritual bagi manajer dan menggeser arah self interest dalam prinsip teori agensi menuju altruism.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.7/ZAL/k/2016/041700800
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.7 Accounting for specific phases of business activity
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 May 2017 07:39
Last Modified: 17 May 2017 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159240
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item