Upaya Penerapan Sap Akrual Dan Perolehan Opini Wtp Pada Pemerintah Kota Pekalongan: Kajian Berdasarkan Teori Perubahan Organisasi

Muttaqin, Riza (2015) Upaya Penerapan Sap Akrual Dan Perolehan Opini Wtp Pada Pemerintah Kota Pekalongan: Kajian Berdasarkan Teori Perubahan Organisasi. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perubahan organisasi yang terjadi pada pemerintah Kota Pekalongan dalam rangka penerapan SAP akrual dan perolehan opini WTP dilihat dari aspek persiapan serta strategi yang dilakukan berdasarkan tahapan movement menurut Lewin (1951). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian studi kasus di bawah paradigma post-positivis. Hasil penelitian ini antara lain: perubahan dari SAP kas menuju akrual ke SAP akual dan strategi perolehan opini WDP menuju WTP merupakan bentuk tekanan dan juga merupakan proses yang sengaja dilakukan dengan tujuan meningkatkan akuntabilitas dan agar laporan keuangan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Sikap resisten ditunjukan dengan pernyataan negatif dari para pengelola dan penyusun laporan keuangan. Persiapan dalam rangka penerapan SAP akrual dan strategi perolehan opini WTP diharapkan dapat meminimalisasi sikap resisten sehingga perubahan organisasi dapat berhasil sesuai dengan tujuannya. Persiapan dalam rangka penerapan SAP akrual antara lain menetapkan Perwal No. 34 tahun 2014 dan perwal No. 35 tahun 2014, membangun aplikasi SIMDA & SIMBADA berbasis FOSS, mengadakan sosialisasi dan pelatihan, melakukan restatement laporan keuangan 2014, melakukan penataan aset. Sedangkan strategi untuk memperoleh opini WTP yaitu mentargetkan opini WTP pada RPJMDnya, menidaklanjuti temuan BPK, meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM, serta meningkatkan dan menjaga komitmen bersama.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.61/MUT/u/2015/041600113
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.6 Specific kinds of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Apr 2016 13:41
Last Modified: 26 Apr 2016 13:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159232
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item