Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Independensi dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kinerja Auditor Internal (Survey Pada Inspektorat Daerah Yang Ada Di Provinsi Sulawesi Tenggara).

Pratiwi, EndangTri (2016) Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Independensi dan Profesionalisme Auditor Terhadap Kinerja Auditor Internal (Survey Pada Inspektorat Daerah Yang Ada Di Provinsi Sulawesi Tenggara). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh independensi dan profesionalisme auditor terhadap kinerja auditor internal yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Sampel penelitian berjumlah 133 responden yang bekerja dan memiliki posisi Jabatan Fungsional Auditor (JFA) maupun pejabat struktural yang berfungsi sebagai seksi pengawas pada inspektorat daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. Metode pengumpulan data menggunakan survei melalui kuesioner yang disebarkan secara langsung. Analisis data menggunakan Structural Equation Model - Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software WarpPLS 5.0. Hasil studi ini memperoleh bukti empiris bahwa independensi auditor tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja auditor internal. Sebaliknya, profesionalisme auditor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja auditor internal. Selain itu, bukti empiris yang diperoleh tidak mendukung kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada pengaruh independensi auditor terhadap kinerja auditor internal. Namun, bukti empiris yang diperoleh mendukung kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada pengaruh profesionalisme auditor terhadap kinerja auditor internal. Perbedaan hasil studi dengan beberapa studi sebelumnya diduga karena perbedaan karakteristik sampel.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.458/PRA/p/2016/04162709
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2016 15:35
Last Modified: 16 Dec 2016 15:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159219
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item