Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Opini Audit Going Concern melalui Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Timur)

Permata, OnizUlfa (2012) Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Opini Audit Going Concern melalui Kualitas Audit (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Timur). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh kompetensi dan independensi auditor terhadap opini going concern melalui kualitas audit. Dalam penelitian ini kompetensi auditor diproksikan oleh tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman serta pendidikan profesional, sedangkan independensi audit diproksikan oleh lama hubungan dengan klien, tekanan dari klien, jasa non audit, dan besarnya fee . Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di Wilayah Jawa Timur yang terdaftar di Directory IAPI 2012 dengan sampel penelitian sebanyak 109 auditor yang diambil menggunakan teknik Convenience Sampling . Variabel independen dalam penelitian ini adalah kompetensi dan independensi auditor, variabel dependennya adalah opini audit going concern dan variabel interveningnya adalah kualitas audit. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman, pendidikan profesional, hubungan dengan klien dan tekanan dari klien berpengaruh positif terhadap opini audit going concern , sedangkan jasa non audit dan besarnya fee tidak berpengaruh. Tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman, tekanan dari klien dan jasa non audit berpengaruh positif terhadap kualitas audit , sedangkan pendidikan profesional, hubungan dengan klien dan besarnya fee tidak berpengaruh. Hasil penelitian juga menunjukkan kualitas audit berpengaruh positif terhadap opini going concern, selain itu kualitas audit hanya dapat memediasi tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman, dan tekanan dari klien terhadap opini audit going concern. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi, independensi dan kualitas audit merupakan determinan dari opini going concern.

English Abstract

This study examined effect of competence and independence of auditors going-concern opinions through quality audits. Proxied competence level of education, training and experience, and professional education, while independence is proxied relationships with clients, pressure from client, amount of non-audit services and fees. population in this study is auditor who works in o ffice of p ublic a ccountant in East Java are registered in Directory IAPI 2012 with a total of 109 auditors sample using c onvenience sampling techniques . independent variable in this study is competence and independence of auditor , dependent variable is a going concern audit opinion and interveningnya variable is quality of audit . Methods of data collection through questionnaire method . data collected was analyzed using descriptive analysis techniques , simple regression and multiple regression. results showed level of education, training and experience, professional education, relationships with clients and pressure from clients positive influence going concern audit opinion, while non-audit services and amount of fee has no effect. level of education, training and experience, pressure from clients and non-audit services positive effect on audit quality, while professional education, relationships with clients and amount of fee has no effect. results also showed a positive effect on quality of audit opinions going concern, but it can only mediate audit quality education, training and experience, and pressure from client to going-concern audit opinion. Based on se results it can be concluded that competence, independence and audit quality is a determinant of going concern opinions.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.45/PER/p/041205178
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.4 Specific fields of accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 28 May 2013 16:14
Last Modified: 28 May 2013 16:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159198
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item