Profesionalitas Akuntan Pendidik Berlandaskan Nilai-nilai Budaya Si Tou Timou Tumou Tou (ST4)

Datu, ChristianVictor (2011) Profesionalitas Akuntan Pendidik Berlandaskan Nilai-nilai Budaya Si Tou Timou Tumou Tou (ST4). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntan Pendidik merupakan profesi akuntan yang memberikan jasa berupa pelayanan pendidikan akuntansi kepada masyarakat melalui lembaga-lembaga pendidik yang ada, guna melahirkan akuntan-akuntan yang terampil dan profsional. Profesional berarti seorang yang memiliki kualitas dan mutu dalam suatu profesi. Demikian pula bagi seorang akuntan pendidik yang profesional tidak hanya membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan khusus tetapi panggilan untuk rasa tanggung jawab pribadi dan institusi untuk keberhasilan suatu pendidikan. Bagi masyarakat Minahasa, keterpanggilan, tanggung jawab dan komitmen dalam melaksanakan tugasnya, ternyata mengandung makna nilai budaya masyarakat Minahasa yaitu Si Tou Timou Tumou Tou (ST4) yaitu manusia hidup untuk memanusiakan orang lain. Makna tersebut kemudian memberi arti bahwa setiap orang yang telah menjadi manusia (berhasil), berkewajiban memanusiakan orang lain. Masyarakat Minahasa memandang bahwa setiap manusia ( Si Tou ) yang lahir dan telah menjadi manusia ( Timou ) berkewajiban memanusiakan manusia lain ( Tou ). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tiga perguruan tinggi, yaitu UNSRAT, UNIMA dan POLITEKNIK tergambar bahwa terdapat lima (5) prinsip dalam nilai-nilai budaya Si Tou Timou Tumou Tou (ST4) yang dapat mendukung seorang akuntan pendidik dalam mewujudkan sebuah profesionalitas dalam bidangnya. 5 prisnsip Si Tou Timou Tumou Tou (ST4) tersebut, yaitu prinsip eksistensial, prinsip sosialitas, prinsip wawasan masa depan, prinsip kesejarahan, dan prinsip beriman.

English Abstract

An accountant educator is that part of accountant profession that provides education to produce skilful and professional accountants. A professional is a member of a vocation founded upon specialized educational training. To be a professional in field of accountancy education, one should not only possess knowledge and particular skills but also be passionate about self-responsibility and institutional responsibility to achieve educational goals. Accountant educators could benefit from knowledge of Minahasa who implement values of Si Tou Timou Tumou Tou (ST4). y believe in passion, responsibility, and commitment in doing job (which y call Si Tou Timou Tumou Tou ). This principle means that to be a successful person ( Timou ) that one should strive to humanise o rs ( Tou ). Research carried out at three universities namely UNSRAT, UNIMA, POLITEKNIK, indicates that five basic principles of Si Tou Timou TumouTou (ST4) values are useful in supporting accountant educators to achieve professionalism in ir field. se five principles are existential, social, future insight, history, and religious.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.092/DAT/p/041103881
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 14 Oct 2011 10:51
Last Modified: 14 Oct 2011 10:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159140
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item