Peran Akuntansi Pada Masa Keemasan Kerajaan Ayudhya.

Imanuel, AntonioAndrew (2014) Peran Akuntansi Pada Masa Keemasan Kerajaan Ayudhya. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman bagaimana peran akuntansi pada masa keemasan Kerajaan Ayudhya di abad ke-17. Thailand merupakan satu-satunya negara di wilayah Asia Tenggara yang tidak pernah menjadi koloni negara-negara Eropa. Cikal bakal dari negara Thailand adalah Siam yang sebelumnya adalah Ayudhya. Tidak hanya Thailand merupakan satu-satunya negara di wilayah Asia Tenggara yang tidak pernah menjadi koloni negara-negara Eropa, pada masa keemasannya, Ayudhya merupakan kekuatan di Asia tenggara yang diperhitungkan oleh negara-negara Eropa (Chumsriphan, 1990, Dellios, 2003, Weiss, 2005 & Shu, 2011, 2012) bahkan hingga melampaui London dan Paris (Jumsai, 2001:12). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Melalui pendekatan penelitian kualitatif diharapkan dapat menghasilkan temuan-temuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebagian besar berhubungan dengan sosiologi, politik, ekonomi dan spiritual yang sebagian besar berupa jurnal yang dipubliksikan secara internasional, laporan, penelitian terkait, majalah, foto maupun puisi. Peneliti melakukan telaah atas teks untuk mendapatkan pemahaman atas fokus penelitian untuk mendapatkan fakta-fakta dari akuntansi Ayudhya. Peneliti juga memperhatikan konteks dan budaya untuk mendapatkan gambaran secara utuh mengenai akuntansi Ayudhya, kemudian peneliti menafsirkan fakta akuntansi Ayudhya dengan fokus praktik dan peran akuntansi sehingga dapat menghadirkan suatu gambaran tentang praktik dan peran akuntansi Ayudhya. Dari hasil telaah teks pada penelitian ini, didapatkan simpulan bahwa akuntansi telah berperanan penting pada masa keemasan Ayudhya, yang secara umum dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu. 1. Peran akuntansi di bidang teknologi 2. Peran akuntansi di bidang budaya dan literatur 3. Peran akuntansi di bidang spiritual.

English Abstract

purpose of this study was to gain an understanding of how role of accounting in golden age of Ayudhya Kingdom in 17th century. Thailand is only country in Sou ast Asia that has never been a colony of European countries. Forerunner of country of Thailand is Siam previously was Ayudhya. Not only Thailand is only country in Sou ast Asia that has never been a colony of European countries, in golden age, Ayudhya is a force to reckon with in South East Asia by European countries (Chumsriphan, 1990, Dellios, 2003, Weiss, & Shu 2005, 2011, 2012) and even to surpass London and Paris (Jumsai, 2001:12). paradigm used in this study is interpretive paradigm, while also using qualitative research approach. Through a qualitative research approach is expected to produce findings that can not be achieved by using a quantitative approach. research data used in this study is mostly associated with sociology, politics, economics and most spiritual form made public international journals, reports, relevant research, magazines, photos and poetry. Researcher conducted a study of text to gain understanding of focus of research to get facts of accounting Ayudhya. Researchers also consider context and culture to get full picture of accounting Ayudhya, n interpret facts with a focus Ayudhya accounting practices and role of accounting in order to bring a picture of accounting practices and role of Ayudhya. From text review in this research, resulting conclusion that accounting has play an important role in golden age of Ayudhya, which can generally be divided into three parts. 1. role of accounting in field of technology 2. role of accounting in field of culture and literature 3. role of accounting in field of spiritual.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.072 2/IMA/p/041500324
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 21 Apr 2015 16:00
Last Modified: 21 Apr 2015 16:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159138
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item