Rekonstruksi Konsep Tujuan Pendidikan Akuntansi Melalui Nilai-Nilai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Pembelajaran Sejati)

Bakhtiar, Yohan (2015) Rekonstruksi Konsep Tujuan Pendidikan Akuntansi Melalui Nilai-Nilai Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (Studi Kasus Fakultas Ekonomi Universitas Pembelajaran Sejati). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah realitas pendidikan akuntansi di sebuah perguruan tinggi dan merumuskan konsep tujuan pendidikan akuntansi sesuai dengan nilai-nilai pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Pemaknaan nilai-nilai pemikiran Ki Hadjar Dewantara didapatkan dari proses refleksi akan tulisantulisan beliau, baik itu di buku pertama tentang pendidikan maupun buku kedua tentang kebudayaan. Paradigma kritis-spiritualis-nasionalis Ki Hadjar Dewantara digunakan sebagai cara pandang dalam melihat realitas pendidikan akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus sebagai strategi penelitian. Substansi (indikator) dari nilai spiritualitas (ontologi Tauhid dan ketertiban lahir-batin), nilai budi pekerti (keseimbangan cipta-rasa-karsa (Trisakti) jiwa dan mempertinggi derajat kemanusiaan), dan nilai kemerdekaan (kebebasan, kemandirian dan keberpihakan pada rakyat Indonesia) digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilainilai yang terkandung dalam realitas pendidikan akuntansi di fakultas ekonomi Universitas Pembelajaran Sejati belum mencerminkan nilai-nilai pemikiran KHD yang idealis. Maka, rumusan konsep tujuan pendidikan akuntansi di perguruan tinggi yang seharusnya adalah membentuk manusia yang sempurna dengan mensucikan batin dan menertibkan lahirnya melalui nilai spiritualitas, budi pekerti dan kemerdekaan. Sebagai konsekuensi logis atas konsep tersebut, maka diperlukan redaksional konkret atas tujuan pendidikan akuntansi di perguruan tinggi yaitu “mengajarkan peserta didik agar mempunyai kompetensi akuntansi yang mengedepankan nilai spiritual, budi pekerti dan kemerdekaan demi terciptanya manusia yang sempurna lahir dan batin”. Dari tujuan pendidikan akuntansi tersebut, terkandung empat kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik, yaitu kompetensi rasional, kritis, intuisi, dan spiritual. Kata Kunci : Konsep, Tujuan, Pendidikan akuntansi, Nilai-Nilai pemikiran KHD.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/657.071 1/BAK/r/2015/041505885
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2015 14:32
Last Modified: 12 Oct 2015 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159135
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item