Evaluasi Penyediaan Fasilitas Umum oleh Pengembang Perumahan Berdasarkan Peraturan Penyelenggaraan Perumahan di Kota Malang

Rastra, AcramanilaMagha (2012) Evaluasi Penyediaan Fasilitas Umum oleh Pengembang Perumahan Berdasarkan Peraturan Penyelenggaraan Perumahan di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

/Pertumbuhan properti perumahan di Kota Malang berdasarkan data REI Komisariat Malang mengalami kenaikan 30% dibandingkan tahun 2010 lalu. Berkembang pesatnya bisnis properti perumahan ternyata menimbulkan beberapa dampak negatif, dimana seringkali terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap peraturan penyelenggaraan perumahan yang diatur oleh pemerintah. Setelah melihat tren positif perkembangan bisnis properti Kota Malang serta beragam permasalahan terhadap penyelenggaraannya, maka mendasari penelitian ini untuk mendeskripsikan evaluasi penyediaan fasilitas umum oleh pengembang perumahan berdasarkan peraturan penyelenggaraan perumahan di Kota Malang. /Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen perumahan terkait dengan penyediaan fasilitas umum oleh pengembang perumahan. (2) Mendeskripsikan variabel manakah yang paling dominan berpengaruh dari berbagai variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen perumahan di Kota Malang. (3) Mendeskripsikan hubungan antara Peraturan Penyelenggaraan Perumahan dengan kepuasan konsumen perumahan di Kota Malang. /Penelitian ini dilakukan terhadap bebrapa sampel properti perumahan yang terdaftar dalam keanggotaan REI Komisariat Malang. Penelitian ini juga melibatkan persepsi dari pihak konsumen properti dari berbagai kalangan. Alat statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi antara metode analisis Frekuensi dan Regresi Linear Berganda yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen perumahan di Kota Malang. /Hasil analisis menunjukkan aspek internal perumahan dan aspek peraturan pemerintah berpengaruh terhadap kepuasan konsumen perumahan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kepuasan konsumen paling dipengaruhi oleh ketersediaan fasilitas umum, sementara hasil observasi lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan di lapangan ternyata tidak seluruh elemen fasilitas umum disediakan oleh pengembang perumahan, khususnya pada ketersediaan fasilitas umum pada ketersediaan saluran IPAL, ketersediaan shelter perhentian bus/ angkot, dan ketersediaan hydran pemadam kebakaran yang belum/ kurang tersedia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan untuk dilakukan evaluasi terhadap penyediaan fasilitas umum oleh pengembang perumahan berdasarkan peraturan penyelenggaraan perumahan, khususnya pada aspek ketersediaan fasilitas umum.

English Abstract

Housing business in Malang is growing along with dense of city. growth of residential property in Malang based on REI`s data has increased 30% compared to year 2010. rise of national residential property business actually causes some negative effects. In terms of development of housing business, re is many cases of housing regulations rule-breaking . After seeing positive trend of housing business development, and various issues of its negative effect, main objective of this research is to describe evaluation of public facility provision by housing developer based on housing regulation at Malang. purpose of this study were: (1) analyze factors that affect consumer satisfaction associated with public facility provision by housing developer. (2) Describe most dominant variables that influence consumer satisfaction at Malang. (3) Describe corelation between housing regulation and consumer satisfaction. research were tooked-place on a few sample residential property that listed on REI`s Malang membership. study also involves perception of various residential consumer. Statistical tools used in this study is a combination of frequency analysis methods and Multiple Linear Regression that used to identify factors that influence consumer satisfaction. analysis revealed that internal aspects of housing and government housing regulations affect residential customer satisfaction. Results of this research noted that customer satisfaction is most affected by availability of public facilities, while results of field observations indicate that implementation in field was not all elements of public facilities provided by housing developers, particularly on availability of communal sanitation system, availability of bus stop shelter, and availability of fire hydrant were not available. Based on se results it is advisable to do an evaluation of public facility provision by housing developer based on housing regulation, especially in availability of public facilities aspect.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/643.1/RAS/e/041202495
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 643 Housing and household equipment > 643.1 Housing
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 22 Oct 2012 13:51
Last Modified: 22 Oct 2012 13:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/159119
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item