Pengaruh Kondisi Temperatur Mesophilic dan Thermophilic Anaerob Digester Kotoran Kuda terhadap Produksi Biogas

Darmanto, Ardyanto (2012) Pengaruh Kondisi Temperatur Mesophilic dan Thermophilic Anaerob Digester Kotoran Kuda terhadap Produksi Biogas. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Biogas memiliki kandungan energi yang tidak kalah dibandingkan dengan energi yang berasal dari minyak bumi, kotoran kuda dapat digunakan sebagai substrat untuk memproduksi biogas. Substrat dalam kotoran kuda mengandung bakteri pembentuk metan yang juga terdapat dalam tubuh hewan ruminansia. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi proses fermentasi untuk menghasilkan biogas dalam digester anaerob adalah temperatur. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah mencari karakterisasi produksi dan komposisi kandungan biogas dari kotoran kuda pada kondisi temperatur mesophilic dan rmophilic (Temperatur 35 º C dan 55 º C) yang dihasilkan dari masing–masing digester secara bersamaan dengan proses fermentasi selama 15 hari. Sistem yang digunakan untuk pembuatan biogas dalam penelitian ini adalah sistem batch /curah. Bahan campuran feses kuda dan air dengan perbandingan (1: 2). Digester dengan volume 30 liter (D: 300mm, L:420mm), yaitu 70% dari volume digester digunakan untuk substrat campuran kotoran kuda dan air, sedangkan sisanya (30%) sebagai ruang udara. Jumlah masukan slurri 21 kg (7 kg kotoran kuda dan 14 kg air). Sedangkan penambahan starter dicampurkan pada substrat untuk meningkatkan jumlah populasi bakteri fermentasi yaitu Greenphosko (GP7) sebanyak 10 gram. Hasil penelitian yang diperoleh pada kondisi rmophilic produksi biogas yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan produksi biogas pada kondisi mesophilic dan kondisi tanpa pemanasan. Produksi biogas optimum dari masing-masing digester dihasilkan pada hari ke 8 untuk kondisi rmophilic, hari ke 10 untuk kondisi mesophilic dan hari ke 11 untuk kondisi tanpa pemanasan. Hasil akhir produksi biogas tertinggi pada kondisi rmophilic (0,1411 kg). Sedangkan prosentase kandungan gas metana ( CH 4 ) tertinggi dihasilkan oleh digester kondisi rmophilic (59,8%).

English Abstract

Content energy of biogas is not less than energy derived from petroleum, horse manure can be used as a substrate for producing biogas. A substrate in horse manure bacteria containing framer metan which is in animal body ruminants. Temperature is one of important factors that affect on fermentation process. aim of study was to find characterization production and composition content biogas from horse manure on condition temperature mesophilic (35 º C) and rmophilic (55 º C). Both of digester are running simultaneously by fermentation process for 15 days. System used to making biogas in this research was batch system. Mixed material horse manure and water by comparison (1: 2). Digester by volume 30 liters of (D: 300mm, L: 420mm), which is 70% volume of digester, used to a substrate mix substrate, remaining (30 %) as air space. An input slurri 21 kg. (7 kg. of horses manure and 14 kg. water). addition of starter get mixed on its substrate to increase a population of bacteria fermentation with 10 gram greenphosko (GP7). results obtained from condition that generated biogas production of rmophilic higher than condition of mesophilic and conditions without heating. Biogas production optimum of each digester generated on day 8 for rmophilic conditions, day 10 for mesophilic conditions and day 11 for conditions without heating. highest result of biogas production was in rmophilic conditions (0.1411 kg). highest percentage of methane gas production (CH 4 ) that produced by rmophilic digester conditions (59.8%).

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/636.1/DAR/p/041300001
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.1 Horses
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 04 Mar 2013 10:49
Last Modified: 04 Mar 2013 10:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/158986
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item